7 Panduan Tepat Bertanam dan Merawat Sirsak Jumbo Agar Tumbuh Optimal, Cepat Berbuah Dan Selalu Produktif

Budidaya Srikaya Jumbo – Srikaya jumbo termasuk salah satu jenis tanaman buah cocok dijadikan pilihan untuk dikebunkan atau dijadikan tanaman koleksi penghias halaman anda. Pasalnya, buah srikaya yang satu ini populer dengan ukuran buah yang besar, Ukuran buahnya dapat mencapai berat 800 gram/buah. Selain itu, Buah srikaya jumbo juga memiliki rasa manis dan daging buah yang tebal dan tidak berpasir. Tanaman buah srikaya jumbo ini juga termasuk jenis tanaman yang bersifat genjah dan rajin berbuah.

Tanaman srikaya jumbo memiliki postur lebih besar dan kokoh dibandingkan srikaya lokal. tanaman srikaya ini dapat tumbuh dengan baik di dataran rendah maupaun dataran menengah. Tanaman srikaya jumbo menyukai iklim panas, tidak terlalu dingin atau banyak hujan, tetapi dapat beradaptasi baik terhadap iklim lembap. Selain itu, srikaya tidak begitu menyukai tempat terbuka. Oleh karena itu, tanaman membutuhkan naungan agar sinar matahari yang diterima sekitar 50 – 60% saja.

Budidaya Srikaya Jumbo

Budidaya Srikaya Jumbo

Syarat Tumbuh Srikaya Jumbo

  • Srikaya jumbo dapat tumbuh di daerah dengan ketinggian 100 – 1.000 m dpl. Namun, untuk hasil optimal, ketinggian ideal berkisar antara 100 – 300 m diatas permukaan air laut.
  • Srikaya jumbo menyukai iklim panas, tidak terlalu dingin atau banyak hujan, tetapi dapat beradaptasi baik terhadap iklim lembap.
  • Tanaman srikaya tidak begitu menyukai tempat terbuka. Oleh karena itu, tanaman membutuhkan naungan dari tanaman besar sehingga sinar matahari yang diterima sekitar 50 – 60% saja.
  • srikaya jumbo dapat tumbuh pada semua jenis tanah, jenis tanah yang paling bagus adalah tanah berpasir serta mengandung kapur dan bahan organik tinggi.
  • Tingkat Keasaman tanah yang sesuai untuk srikaya jumbo adalah pada pH 5,5 – 7,4.

Budidaya Srikaya Jumbo

Nah bagi teman-teman yang tertarik ingin mengoleksi srikaya jumbo untuk mempercantik halaman rumah anda. ada baiknya mengetahui cara bertanam dan merawat srikaya jumbo ini, perawatannya cukup mudah kok, dengan pengairan secara teratur dan pemupukan yang tepat, pohon srikaya jumbo akan tumbuh dengan optimal dan cepat berbuah.

1. Pemilihan Bibit Unggul
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memilih bibit srikaya unggul. sebaiknya memilih bibit dari hasil perbanyakan vegetatif seperti hasil okulasi, sambung atau cangkok. Pilihlah bibit srikaya dengan tinggi mencapai 50 cm – 100 cm. Selain itu, sebaiknya memlih bibit yang memiliki Penampilan bibitsrikaya jumbo yang prima, terlihat dari batangnya yang kokoh berdiri dan mulus tanpa cacat. Untuk menjamin bibit srikaya jumbo termasuk kriteria unggul, pilihlah bibit yang berasal dari penangkar terpercaya atau bibit bersertifikat.

Bibit Srikaya Jumbo

Bibit Srikaya Jumbo

2. Pengolahan lahan
Lahan untuk bertanam srikaya jumbo sebaiknya dibersihkan dari gulma, tanaman liar semak semak, dan bebatuan. Jarak tanam yang digunakan dalam budidaya alpukat wina adalah 3m x 3m atau 4m x 4m.

  • Buat lubang tanam berukuran 50 cm x 50 cm x 50 cm, pisahkan tanah galian bagian atas (20 cm dari permukaan tanah) dengan tanah bagian bawah.
  • Setiap lubang tanam diberi pupuk kandang atau kompos sebanyak 10 – 15 kg. Sebagian pupuk dicampur dengan tanah galian bagian bawah, lalu dimasukkan kedalam lubang tanam. Sebagian lagi pupuk kandang atau kompos dicampur dengan tanah galian bagian atas dan pupuk NPK sebanyak 125 g sebagai pupuk dasar.
  • Biarkan lubang tanam selama 2 – 4 minggu.
BACA JUGA :   Durian Merah, Durian Lokal Unggulan Yang Sedap Dipandang dan Mempunyai Rasa Yang Unik Kebanggaan Masyarakat Banyuwangi

3. Penanaman
Penanaman sebaiknya dilakukan pada waktu awal musim hujan, namun apabila air irigasi tersedia maka penanaman dapat dilakukan kapan saja.

  • Lepaskan bibit srikaya jumbo dari polibag dengan cara menggunting polibag perlahan agar gumpalan tanah tidak pecah.
  • Masukkan bibit srikaya jumbo kelubang tanam, lalu timbun dengan tanah galian yang sudah dicampur pupuk hingga bibit terbenam sampai pangkal batang.
  • Tekan-tekan tanah timbunan agar tidak ada rongga-rongga disekitar akar.
    Lakukan penyiraman agar tanah turun dan menghimpit akar.

4. Tahap Perawatan
Pemeliharaan yang perlu dilakukan pada tanaman srikaya jumbo agar tumbuh dengan optimal dan cepat berbuah adalah penyiraman, pemangkasan, pemupukan, dan perawatan buah.

– Penyiraman
Tanaman srikaya jumbo membutuhkan 2 – 3 liter air per pohonnya. Oleh karena itu, tanaman ini membutuhkan penyiraman secara teratur perhari (tergantung ukuran pohon dan kekeringan tanah), apalagi saat masa pembungaan. Pada saat tersebut, penyiramann harus rutin dilakukan agar bunga yang muncul tidak rontok akibat kekeringan. Penyiraman pada pot dilakukan setiap hari dan dapat diukur telah merata jika air telah keluar dari pot.

Penyiraman tanaman srikaya yang ditanam dilahan dilakukan dengan membuat gundukan mengelilingi batang dengan cekungan di bagian tepinya. Gundukan dibuat denggan diameter 1 m dan cekungan sedalam 5 cm. Penyiraman gundukan dilakukan tiga hari sekali hingga aiar memenuhi cekungan.

– Pemangkasan
Pemangkasan dilakukan pada tahun pertama, yakin saat tanaman mencapai tinggi 1,5 m. Tanaman akan stres jika pemangkasan dilakukan saat musim kemarau karena tanah kekurangan air. Oleh karena itu, sebaiknya pemangkasan dilakukan saat musim hujan tiba.

Pemangkasan ditujukan untuk membentuk tajuk tanaman dan medapatakan tanaman yang tidak terlalu tinggi. Untuk pertumbuhan pohon yang subur, bentuk pohon yang paling cocok adalah bentuk piala terbuka (open goblet).
Pemangkasan yang ditujukan agar tanaman cepat berbunga atau berbuah dilakukan dengan memangkas ujung-ujung cabang yang tumbuh kekar diikuti dengan merontokkan daunnya. Setelah ujung cabang dipangkas, kemudian tanaman disemprot dengan zat perangsang tumbuh (ZPT) agar mempercepat pembungaan. Waktu berbunga biasanya berlangsung pada bulan Januari – Desember.

BACA JUGA :   Durian MusangKing, Durian Unggul Yang Mendapat Gelar Raja Durian Dari Malaysia

– Penyiangan
Tanah harus dibersihkan dari gulma dalam radius 1 m dari titik tengah lubang (bokoran). Hal ini terutama dilakukan pada tanaman yang baru ditanam. Penyiangan sebaiknya dilakukan pada tanamn yang baru ditanam. Penyiangan sebaiknya dilakukan pada awal musim hujan, pertengahan musim hujan, dan akhir musim hujan.

– Penjarangan Buah
Penjarangaan atau pengurangan jumlah buah perlu dilakukan untuk menjaga kualiatas buah dan muatan pohon. Caranaya dsangan membuang buah pentil yang bentuknya tidak normal dengan memotong tangkainya menggunakan gunting. Sisakan buah pentil normal serta pilih yang berada pada tangkai cabang besar. Hal ini dimaksudkan agar buah mendapat pasokan nutrisi yang bagus dari pohon sehingga buah dapat tumbuh maksimal.

Setalah dilakukan pejarangan, buah pentil yang tersisa segara dibungkus agar terhindar dari serangga ulat dan kutu putih sehingga penampilan buah tetap mulus hingga matang. Pembungkusan dapat menggunakan kertas semen, jaring berlubang rapat, atau plastik yang dilapisi dengan keretas koran agar tidak lembap, sirkulai udara didalam pembungkusan juga perlu diperhatikan.

5. Tahap Pemupukan
Jenis dan dosis yang diberikan ketanaman dibedakan berdasarkan umurnya. Pada tanaman srikaya yang masih muda, diberikan pupuk NPK 15:15:15 sebanyak 30 – 40 g/tanaman dan pupuk kandang 5 kg yang disebar diatas media tanam.Setelah umur dua tahun, pupuk NPK 15:15:15 harus dioplos (3 bagian) dengan KNO3 (1 bagian) supaya buah lebat dan manis. Pupuk diberikan sebanyak 50 – 75 g/tanaman.

Caranya adalah dengan menggali media tanam secara melingkar sedalam 3 cm, pupuk dimasukkan secara merata, lalu ditutup dengan media tanam. Pupuk kandang juga diberikan sebanyak 5 kg di atas media tanam secara merata. Saat masa pembuahan, pupuk P dan K mutlak diperlukan agar buah terbentuk sempurna. Setelah muncul bakal buah (3 – 4 tahun), berikan pupuk anorganik (NPK) dengan dosisi N 480 g, p, 240 g, dan K 240 g serta pupuk kandang 20 kg/tanaman.

6. Pengendalian Hama dan Penyakit
Hama dan penyakiat yang kerap menyerng srikaya jumbo sebagai berikut.

-Penggerek buah (Annonaepestis bengalella)
Penyebabnya adalah Annonaeestis bengalella. Adapun gejala yang muncul antara lain : daging buah rusak dan berubah warna dari putih menjadi, hitam busuk. Permukaan buah penuh kotoran larva yang berwarna putih. Pengendalian : pembungkusan buah, pengumpulan buah terserang lalu dibakar, penyemprotan dengan pestidida sesuai dosisi anjuran dalam kemasan.

-Kutu putih
Tanaman srikaya jumbo yang terkena kutu putih memiliki gejala antara lain : kutu putih bersarang di bawah daun dan pangkal buah. Pengendalian : bila tingkat serangan rendah, tanaman cukup dismprot dengan air hingga kutu putih terlepas dari daun. Jika serangan cukup fatal, harus dilakukan penyemprotan insektisida yang dicampur dengan larutan perekat APSA- 2000 dengan dosis 0, 25 cc/liter.

BACA JUGA :   Bibit Srikaya Jumbo

-Busuk akar
Tanaman srikaya jumbo yang terkena kutu putih memiliki gejala akar membusuk berwarna cokelat. Bila dipegang, akar putus. Akibatnya, akar menjadi gundul dan tanaman kehilangan penangkap unsur hara. Pengendalian : lakukan penggantian media atau gunakan fungsida pada media tanam dengan dosis yang telah ditentukan.

7. Tahap Panen
Buah srikaya jumbo dapat dipanen pada 40 – 60 hari setelag bunga mekar. Ciri-ciri buah srikaya masak pohon yang siap panen, antara lain benjolan buah sudah mulai merenggang, lapisan bedak semakin tebal dan sudah mulai tercium aromanya, disekitar daun dan ranting didekat buah biasanya banyak terdapat semut hitam, serta warna buah telah berubah dari hijau muda menjadi kekuningan. Keretakan pada kulit buah yang berakibat pada rendahnya harga jual. Untuk menghindari hal tersebut, buah srikaya sebaiknya dipanen saat masih stadia mengkal (80% matang dan belum mengeluarkan aroma).

Buah Srikaya Jumbo

Buah Srikaya Jumbo

Buah srikaya tidak dapat dipanen sekaligus karena tingkat kematangan buah dalam satu pohon cenderung tidak merata. panen buah srikaya dapat dipetik dengan jarak panen tiap 10 hari. Pemanenan buah srikaya sebaiknya dilakukan dengan gunting panen. Jika buah sulit dijangkau maka pemanenan dapat menggunakan galah bumbu berpengait yang dilengkapi dengan jaring.

Demikianlah informasi tentang panduan cara bertanam dan merawat srikaya jumbo yang baik dan benar. Agar tanaman srikaya jumbo dapat tumbuh dengan subur dan cepat berbuah ada beberapa hal yang perlu diperhatikan diantaranya pemilihan bibit unggul, pengolahan lahan, penanaman bibit, perawatan tanaman dan tahap panen. Semoga artikel tersebut dapat menambah wawasan kita tentang budidaya srikaya jumbo dan diharapkan anda dapat mencobanya sendiri dirumah. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

 

 


kata terkait,
srikaya jumbo, bibit srikaya jumbo, cara bertanam srikaya jumbo, budidaya srikaya jumbo, perawatan srikaya jumbo, cara merawat srikaya jumbo, cara membuahkan srikaya jumbo, bibit srikaya jumbo, bibit srikaya jumbo okulasi, jual bibit srikaya jumbo, tabulampot srikaya jumbo, panduan budidaya srikaya jumbo,