Peluang Investasi dan Analisis Usaha Budidaya Lengkeng New Kristal Yang Sangat Menggiurkan

Peluang Investasi Budidaya Lengkeng Kateki – Pada jaman sekarang ini tentu sangat susah untuk hidup layak dengan penghasilan pas-pasan atau bahkan kurang. Harga barang-barang kebutuhan senantiasa semakin membumbung tinggi setiap tahunnya (belum pernah Anda temui mereka terbang rendah, kan?. Lebih dari itu kita juga membutuhkan tabungan untuk kebutuhan mendadak atau rencana dimasa depan. Hal-hal tersebut tentu membuat kita berpikir untuk mencari penghasilan tambahan atau sumber pendapatan lain yang menjanjikan keuntungan lebih. Untuk itu kami mencoba membantu Anda menawarkan sebuah alternatif solusi untuk masalah atau hal-hal sebagaimana disebutkan diatas. Yakni dengan membudidayakan Lengkeng Kateki atau lengkeng New kristal.

Peluang investasi Lengkeng new kristal

Peluang investasi Lengkeng new kristal

Lengkeng Kateki adalah jenis tanaman lengkeng berkulaitas unggul yang mempunyai segudang keunggulan. Lengkeng kateki ini memiliki keistimewaan dengan rasa yang manis dan ukuran buah yang relatif besar antara 15,9-20,7gr/buah. Daging buahnya juga sangat tebal dan berbiji kecil serta mempunyai aroma yang lembut. Selain itu lengkeng kateki ini juga mempunyai kandungan air yang tidak terlalu tinggi sehingga tidak becek sehingga sangat cocok untuk disantap sebagai buah meja.

Menurut sejarahnya, lengkeng kateki ini lahir dari Pohon Induk Tunggal (PIT) milik Bpk, Samiawi yang tinggal di Dukuh Kateki, Desa Kebonrejo, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. pemberian nama kateki tidak terlepas dari nama dukuh dimana pohon lengkeng tersebut lahir. Lengkeng kateki ini juga telah dilepas oleh Kementerian Pertanian (kementan) tahun 2016 dengan SK Pelepasan Menteri Pertanian no 058/Kpts/SR.120/D.27/5/2016. Sebagai informasi, Lengkeng ini sebelumnya dikenal dengan lengkeng new kristal dan setelah dilepas diberi nama lengkeng Kateki sesuai asal PIT nya.

BACA JUGA :   6 Jenis Teknik Perbanyakan Vegetatif Pada Tanaman Untuk Menghasilkan Bibit Yang Berkualitas Unggul

Peluang Usaha Lengkeng New Kristal

Permintaan buah kelengkeng kateki atau new kristal ini memang tergolong sangat tinggi, bahkan Permintaan buah kelengkeng ini makin meningkat setiap tahunnya. keunggulan yang dimiliki oleh lengkeng new kristal inilah menjadi faktor dasar mengapa permintaan akan lengkeng new kristal ini sangat tinggi. Hal ini tentunya membuat peluang bisnis dalam budidaya lengkeng new kristal ini memang sangatlah menjanjikan. Ditambah lagi, harga jual buah kelengkeng new kristal juga tergolong tinggi. misalkan saja, Buah Lengkeng kateki atau new kristal bisa mencapai harga Rp 40.000 per kg ditingkat konsumen (ditingkat pekebun saja harga terjeleknya Rp 25.000). Lebih dari itu apabila dijual dalam bentuk paket agrowisata, harganya bahkan bisa mencapai Rp 50.000 per kg buahnya. Tentunya jika Anda menerjuni bisnis budidaya lengkeng new kristal ini maka keuntungan yang didapatkan akan lebih besar pastinya.

Analisis Usaha Lengkeng Kateki

Dalam membudidayakan lengkeng kateki dalam skala bisnis, Lahan menjadi inti dari usaha budidaya lengkeng ini. Sebaiknya pilihlah lahan yang memenuhi persyaratan tumbuh lengkeng new kristal, seperti ketinggian lahan, suhu, pH tanah, curah hujan dan kelembapannya.

Faktor yang tidak kalah penting adalah pemilihan bibit lengkeng kateki unggul. Untuk mendapatkan bibit lengkeng berkualitas, pilihlah bibit yang segar, rimbun dan tidak terserang hama & penyakit. Pilihlah bibit dari hasil perbanyakan vegetatif seperti cangkok, okulasi atau samabung. Anda dapat mendapatkan bibit lengkeng new kritla berkualitas di toko pembibitan yang terpercaya. Bibit lengkeng kateki yang berkualitas unggul tentunya akan menghasilkan buah kelengkeng yang berkualitas pula.

BACA JUGA :   Durian Bawor, Buah Durian Unggul Dengan Predikat Montongnya Khas Indonesia

Agar bibit lengkeng new kristal tumbuh dengan subur dan cepat berbuah tetntunya memerlukan perawatan yang optimal seperti pengairan, pemupukan, pemangkasan, pembosteran dan tahap panen. Budidaya lengkeng new kristal yang dilakukan dengan optimal pastinya mampu menghadirkan pundi-pundi uang yang tidak sedikit.

Berikut Ini adalah analisi usaha dalam membudidayakan tanaman buah lengkeng new kristal atau lengkeng kateki :

1. Biaya Investasi Budidaya Lengkeng Kateki

Biaya Investasi lengkeng kateki

Ket :

  • Harga barang bisa diganti bila dirasa terlalu mahal atau tidak sesuai spek.
  • Reinvestas dilakukan setiap lima tahun sekali yaitu pada tahun ke-5, ke-10 dan ke-15 dengan asumsi masa produksi lengkeng kateki atau lengkeng new kristal adalah 20 tahun

2. Biaya Variabel Selama 20 Tahun

– Biaya Input

Biaya Variabel Lengkeng Kateki

– Biaya Tenaga Kerja

Biaya Tenaga Kerja Lengkeng Kateki

Ket :

  • Luas lahan 2780 m2, jumlah bibit yang ditanam 78 buah, dengan jarak tanam 6 x 6 m
  • Bobot buah diasumsikan rata-rata 3 Kg per dompol dan bisa dijual dengan harga Rp 27.000 per Kg (perkiraan terburuk). Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa harga di tingkat petani sudah mencapai Rp 30.000 – Rp 40.000 per Kg
  • Sebetulnya Lengkeng New kristal bisa berbuah 1,5 tahun 2 kali, namun disini hanya dihitung 1 tahun 1 kali saja. Panen dianggap mulai tahun ke 4, padahal kenyataannya di lapangan Lengkeng New kristal sudah mulai belajar berbuah saat baru berusia 2 th (20-25 kg/pohon), meskipun belum pada produktifitas maksimalnya.

3 . Pendapatan Budidaya Lengkeng Kateki Selama 20 Tahun

Pendapatan Lengkeng Kateki

Pendapatan Lengkeng Kateki 2

– Total Biaya Operasional
Total Biaya Operasional = Total Biaya Investasi + Total Biaya Variabel
= Rp 18.744.400 + Rp 124.252.300

Dalam kenyataannya kita tidak memerlukan uang sebesar itu. Karena sejak tahun ke-4 pohon lengkeng sudah berbuah dan bisa untuk disisihkan sebagai biaya perawatan.

BACA JUGA :   Inilah 6 Tips Mudah Agar Tanaman Buah Durian Mampu Tumbuh Dengan Subur, Memiliki Produktifitas Yang Tinggi Dan Berkualitas Unggul

– Return of Investment (ROI)
ROI = (Keuntungan : Biaya Operasional) x 100 %
= ( Rp 2.590.001.600 : Rp 142.996.700) x 100 %
= 1.811 % (seribu delapan ratus sebelas persen)

Hal ini berarti bahwa setiap pengeluaran sebesar Rp 1 akan mendapat keuntungan sebesar Rp 1.811.

– Break Event Point (BEP)/ Titik Impas
BEP Volume = Total Biaya Operasional : Harga Jual
= Rp 142.996.700 : 27.000
= 5.296Kg

Jika melihat tabel maka titik impas tercapai pada tahun ke 5 (artinya hanya 2 kali panen), namun itu ditingkat harga pesimistis Rp 27.000

Demikian informasi yang telah kami susun dan kumpulkan dari berbagai sumber. Semoga dapat menjadi manfaat bagi Anda agar lebih memahami aspek ekonomis dari budidaya Buah Lengkeng kateki atau lengkeng new kristal ini. Akhir kata, semoga kesehatan dan kesuksesan selalu menaungi Anda. Terima kasih.