4 Alasan Memilih Lengkeng Ketaki atau Lengkeng New Kristal Sebagai Pilihan Tepat Dalam Pembudidayaan Skala Bisnis

Keunggulan Lengkeng Kateki – Sekarang budidaya tanaman buah menjadi salah satu peluang usaha yang cukup menggiurkan, hal ini tidak terlepas dari profit yang dihasilkan dari pembudidayan ini, nah salah satu jenis pembudidayaan yang cukup marak dilakukan oleh para petani indonesia adalah pembudidayaan tanaman lengkeng. Pemilihan Tanaman lengkeng ini bukan tanpa alasan, buah tanaman kelengkeng terkenal dengan nilai jualnya yang tinggi dan perawatannya yang cukup muda. Selain iklim indonesia yang cocok untuk pertumbuhan tanaman lengkeng.

Nah, salah satu jenis tanaman lengkeng yang sedang ngehiit dan menjadi primadona saat ini adalah Lengkeng New Kristal. Semenjak kedatangannnya, tanaman lengkeng ini memang telah banyak menyita perhatian dan membuat geleng-geleng khususnya para petani tanaman buah.

 

Alasan Memilih Lengkeng Kateki

Alasan Memilih Lengkeng Kateki

Yups, lengkeng kateki merupakan salah satu jenis tanaman lengkeng unggulan yang telah disahkan oleh Kementerian Pertanian (kementan) tahun 2016 lalu. Sejarah Lengkeng kateki ini berasal dari Pohon Induk Tunggal (PIT) yang dimiliki oleh Bapak, Samiawi yang berdomisili di Dukuh Kateki, Desa Kebonrejo, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Tanaman buah lengkeng ini sebelumnya sudah dikenal dengan sebutan lengkeng new kristal dan setelah dilepas diberi nama lengkeng Kateki sesuai asal PIT nya.

Tanaman buah lengkeng kateki ini memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan jenis lengkeng pada umunya. Dari segi rasa dan aroma, daging lengkeng kateki lebih manis dan beraroma lembut. Disamping itu lengkeng kateki memiliki warna daging buah yang putih bening dan produktifitasnya cukup tinggi. Dengan banyak keunggulan yang dimilikinya, diharapkan lengkeng kateki bakal menjadi primadona dan mampu meningkatkan produksi buah lengkeng di Indonesia.

BACA JUGA :   Bibit Sirsak Ratu 70cm

Jika anda hendak memulai pembudidayaan tanaman lengkeng atau hendak beralih ke pembudidaaya tanaman buah lengkeng, kami memiliki 5 alasan yang sangat kuat bagi anda untuk memilih lengkeng kateki atau Lengkeng New Kristal ini sebagai pilihan yang sangat tepat bagi anda.

Berikut ini adalah 4 alasan untuk memilih lengkeng kateki atau lengkeng new kristal sebagai pilihan tepat dalam pembudidayaan :

1. Tanaman

Secara fisik atau kenampakannya terdapat ciri khusus yang melekat pada tanaman lengkeng kateki ini antara lain daun tanaman Lengkeng New Kristal berukuran lebih besar dan lebih tipis dari Tanaman Lengkeng lainnya. Hal ini berdampak pada proses fotosintes Lengkeng New Kristal berlangsung lebih efektif dan efisien dibanding pendahulunya itu. Lebih jauh, dalam tahapan pertumbuhan dan perkembangannya tentu Lengkeng New Kristal berlangsung lebih cepat.

Tajuk Tanaman Lengkeng New Kristal lebih merunduk jika dibandingkan dengan Lengkeng lainnya. Hal ini membuatnya lebih estetis saat dipandang sekaligus lebih memudahkan saat perawatannya.

2. Produktifitas

Tanaman Lengkeng New Kristal terkenal dengan sifatnya genjah atau cepat berbuah. Lengkeng kateki ini sudah mampu belajar berbuah pada usia 2 tahun dengan beberapa kali panen dalam kurun waktu 1 tahun. Selain itu, lengkeng kateki juga terkenal akan tingkat produktifitasnya yang tinggi. pohon Lengkeng New kristal mampu menghasilkan 25 – 30 kg buah per pohonnya dan akan semakin banyak setiap tahunnya.

BACA JUGA :   Durian Petruk, Mancungnya Kelezatan Buah Durian Lokal Unggulan Asli dari Kota Ukir, Jepara

3. Kualitas Buah

Ukuran buah kelengkeng new kristal mempunyai ukuran diameter 2 cm saat baru berusia 2 tahun. Dalam perkembangannya, saat mencapai usia yang optimal, ukuran Buah Lengkeng New Kristal bahkan bisa mencapai diameter 3 cm. Daging buah yang dihasilkan oleh jenis lengkeng new kristal atau lengkeng kateki ini tebal, berbiji kecil “nglothok” dan berasa manis.

4. Nilai Jual

Buah kelengkeng new kristal atau lengkeng mempunyai nilai jual yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan jenis lengkeng lainnya. Nilai jual Buah Lengkeng New Kristal tingkat pekebun sangatlah menggiurkan, yaitu mencapai Rp 30.000 per Kg buahnya. Sebagai patokan buah lengkeng pada umumnya dihargai Rp 10.000 sampai 15.000/kg di tingkat pekebun. Dengan produktifitasnya yang juga sangat tinggi, yaitu mencapai 100 kg/pohon pada tahun keempatnya (bandingkan dengan tanaman lengkeng biasa yang umumnya hanya menghasilkan rata-rata 20 an kg/pohon), bisa dibayangkan berapa keuntungan yang bakal diterima pekebun.

Itulah sedikit ulasan tentang 4 alasan memilih lengkeng new kristal atau kateki sebagai pilihan yang tepat untuk pembudidayaan dalam skala bisnis. Selain sebagai pilihan yang tepat dalam skala bisnis, lengkeng kateki ini juga cocok dijadikan sebagai tabulambot. Daunnya yang berwarna hijau dan rendang membuat halaman rumah anda makin cantik, apalgi saat tanaman lengkeng kateki ini sudah mulai berbuah. Anda dapat memanennya sendiri di halaman rumah anda.

BACA JUGA :   Bibit Buah Tin Brown Turkey - Bibit Tanaman Buah Tin Unggul Dengan Buah Berwarna Coklat Kehitaman, Mempunyai Rasa Yang Manis dan Berkhasiat Untuk Mencegah Dari Serangan Jantung Koroner

Demikian informasi yang telah kami susun dan kumpulkan dari berbagai sumber. Semoga informasi dapat menjadi manfaat bagi Anda agar lebih memahami tentang lengkeng new kristal atau lengkeng kateki ini. Akhir kata, semoga kesehatan dan kesuksesan selalu menaungi Anda.