Lengkeng Itoh VS Lengkeng New Kristal, Tanaman Lengkeng Mana Yang Lebih Unggul?

Dari sekian banyak varietas buah kelengkeng yang tumbuh di Indonesia. Saat ini, terdapat 2 jenis yang sangat terkenal dan memiliki kualitas yang paling unggul diantara jenis lengkeng lainnya. Yang pertama adalah Lengkeng Itoh dan yang lain adalah Lengkeng New Kristal atau yang telah berganti nama menjadi Lengkeng Kateki. Jika dilihat dari segi sejarah, buah kelengkeng itoh lebih duluan menancapkan kukunya di bumi Nusantara dibanding lengkeng new kristal yang baru menyusul belakangan ini. Namun, keduanya jelas adalah varietas buah lengkeng yang unggul, tentu saja keduanya memiliki banyak keistimewaa-keistimewaan dan sudah memiliki penggemar masing-masing.

Perbandingan Lengkeng itoh dan new kristal

Perbandingan Lengkeng itoh dan new kristal

Namun bagaimana jika keduanya disandingkan? Yups, lengkeng itoh disandingkan dengan lengkeng new kristal. Menurut anda Varietas lengkeng mana yang lebih unggul? Penasaran? Simak artikel yang telah kami susun ini untuk mengetahui lebih jelas head to head (perbandingan berhadap-hadapan secara langsung) antara Buah Lengkeh Itoh vs Buah Lengkeng new kristal.

Berikut ini adalah perbandingan antara jenis lengkeng itoh dengan lengkeng new kristal :

1. Lahan Tanam

Tanaman Lengkeng Itoh adalah tanaman lengkeng spesialis untuk dataran tinggi yang mampu tumbuh baik pada dataran rendah. Artinya tanaman lengkeng ini mampu tumbuh optimal pada lahan didataran rendah hingga dataran tinggi dan daerah dengan paparan sinar matahari yang penuh dengan suhu lingkungan 30 -35 0C. Dengan kata lain Tanaman Lengkeng Itoh kurang cocok untuk ditanam pada dataran rendah hingga dataran tinggi.

BACA JUGA :   6 Jenis Teknik Perbanyakan Vegetatif Pada Tanaman Untuk Menghasilkan Bibit Yang Berkualitas Unggul

Sedangkan Tanaman Lengkeng new kristal mampu tumbuh di hampir semua jenis dataran, baik rendah, sedang hingga dataran tinggi. Adapun ketinggian untuk tumbuh dengan baik berkisar antara 400 – 1200 meter diatas permukaan air laut. Jadi dalam kemampuan tumbuh dan beradaptasi dengan lingkungan, Tanaman buah Lengkeng new kristal lebih unggul. 1 – 1.

2. Tanaman

Tanaman Lengkeng Itoh mampu berbuah pada usia 3-4 tahun dengan rata-rata 1 kali panen dalam 1 tahun. Tanaman Lengkeng new kristal sudah mampu belajar berbuah pada usia 2 tahun dengan setidaknya 1,5 kali panen dalam 1 tahun (2 kali dalam 3 tahun). Namun fakta di lapangan menunjukkan Tanaman Lengkeng new kristal rata-rata bisa 2 – 3 kali panen setahunnya. Dalam hal sifat genjah (mudah berbuah) dan produktifitas, tanaman lengkeng new kristal lebih produktif. 1 – 2.

3. Ketersediaan dan Harga Bibit

Tanaman Lengkeng Itoh sudah lebih dahulu ada dibanding lengkeng new kristal. Tentu saja populasinya jauh lebih banyak dan mudah ditemukan. Tentu saja ini berpengaruh terhadap kemudahan mendapatkan bibitnya. Lebih dari itu dengan jumlah yang relatif lebih banyak, tentu dapat menekan harga bibitnya, sehingga harga bibit Lengkeng Itoh lebih murah. untuk saat ini, memang agak susah untuk mencari bibit lengkeng new kristal atau bibit lengkeng kateki  yang berkualitas namun berharga murah. Untuk bagian ini Tanaman Lengkeng Itoh lebih unggul. 2 – 2.

4. Bunga

Proses pembungaan adalah hal yang penting bagi tanaman lengkeng. Bunga yang mekar dan tahan rontok menentukan hasil panen buah pada akhirnya. Sebagaimana kita ketahui bersama, buah lengkeng adalah hasil perkembangan dari bunganya. Nah, bunga tanaman lengkeng sangat rentan terhadap terpaan angin dan guyuran hujan. Bunga Lengkeng Itoh mampu menyisakan 40 – 50% bunganya setelah terpaan angin dan hujan. Sedangkan tanaman lengkeng new kristal secara statistik bunganya masih bertahan ditempatnya sebanyak 75% pasca terpaan angin dan hujan. Dalam hal ketahanan terhadap kerontokan bunga, tanaman lengkeng new kristal lebih unggul. 2 – 3.

BACA JUGA :   4 Alasan Memilih Lengkeng Ketaki atau Lengkeng New Kristal Sebagai Pilihan Tepat Dalam Pembudidayaan Skala Bisnis

5. Buah

Daging buah yang dihasilkan oleh kedua jenis lengkeng unggulan ini sama-sama tebal, berbiji kecil dan berasa manis. Keduanya juga sama-sama “nglothok”. Namun jika dilihat dari ukuran buah, biji buah dan tingkat kemanisannya, terlihat perbedaan antara keduanya. Ukuran buah Lengkeng Itoh berdiameter 2,5 -2,8 cm dengan ukuran biji berdiameter 0,8 – 1 cm. Tingkat kemanisan buah lengkeng apabila diukur ini mencapai 19 Brix. Sedangkan buah lengkeng new kristal mempunyai ukuran buah bisa mencapai diameter 3 cm dengan biji berdiameter 0,7 cm saja. Tingkat kemanisannya dalam skala Brix mencapai 21, artinya Buah Lengkeng new kristal berasa lebih manis. Dalam hal kemantapan dalam menikmatinya, Lengkeng new kristal lebih unggul. 2 – 4.

6. Hasil Panen

Hasil panen Tanaman Lengkeng Itoh mencapai 30-45 kg buah/pohon saat berusia 5 th. Sedangkan tanaman Lengkeng new kristal menghasilkan 100 kg buah/pohon saat berumur 5 tahun. Dalam hal kuantitas hasil panen, tanaman lengkeng new kristal lebih unggul jika dibandingkan lengkeng. 2 – 5

7. Nilai Jual

Nilai jual Lengkeng Itoh di tingkat pekebun sangatlah menggiurkan, yaitu mencapai Rp 30.000 per Kg buahnya. Sedangkan Buah Lengkeng new kristal dibanderol dengan harga Rp 40.000 per Kg. Dalam hal harga jual, Lengkeng new kristal atau lengkeng kateki lebih unggul. 2 – 6.

BACA JUGA :   Bibit Lengkeng Itoh

Berdasarkan perhitungan kualitatif dan kuantitatif yang telah dipaparkan diatas, tentunya Anda bisa menarik sebuah kesimpulan. Jadi bisa dikatakan, secara umum, Tanaman Buah Lengkeng new kristal atau lengkeng kateki ini lebih unggul daripada Tanaman Buah Lengkeng Itoh. Apabila Anda ingin mengetahui lebih banyak dan lebih dalam mengenai Tanaman Lengkeng new kristal, Anda bisa menemukannya pada artikel kami yang lain pada website ini pula.

Demikian laporan yang telah kami susun mengenai perbedaan-perbedaan dan keunggulan-keunggulan yang dimiliki oleh 2 jenis lengkeng unggulan ini. Semoga sedikit banyak dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam memilih tanaman lengkeng yang ingin Anda budidayakan. Akhirul kalam, semoga Anda selalu dinaungi kesehatan dan kesuksesan.