Peluang Investasi dan Analisis Usaha Budidaya Pohon Sengon Yang Sangat Menguntungkan

Peluang Investasi Budidaya Sengon Pohon sengon atau yang mempunyai nama latin Albizia chinensis ini memang dikenal sebagai pohon yang mempunyai waktu pertumbuhan tercepat diantara pohon-pohon lain didunia. Pada saat pohon berumur 1 tahun tinggi pohon dapat mencapai 7 meter dan pada saat pohon berumur 12 tahun dapat mencapai tinggi hingga 39 meter. Pohon ini mempunyai diameter sekitar 60 cm bahkan untuk pohon yang berumur diameternya dapat mencapai 1 meter. Pohon sengon sangat berguna karena memiliki banyak sekali manfaat. Hal ini dikarenakan hampir dari semua bagian pohon dapat dimanfaatkan oleh manusia. Beberapa manfaat dari pohon sengon antara lain : pohon sengon banyak ditanam dengan tujuan untuk merehabilitasi lahan kritis yang meliputi lahan pertanian dan lahan hutan. Pohon sengon tidak hanya memperbaiki iklim mikro setempat tetapi juga dapat berfungsi sebagai resapan air sehingga memperkecil resiko bencana alam banjir.

Selain itu daun pohon sengon ternyata mengandung protein tinggi sehingga sangat baik apabila digunakan sebagai bahan pakan ternak. Selain bahan pakan, daun pohon sengon yang berguguran juga dapat dijadikan pupuk hijau yang sangat bermanfaat bagi tanah ataupun tanaman disekitarnya. Bagian pohon yang sangat bermanfaat dari tanaman sengon adalah bagian batang nya. Batang pohon yang lurus dan silindris tenyata sangat dibutuhkan dalam dunia industri. Batang pohon sengon diolah menjadi papan yang banyak sekali digunakan sebagai bahan untuk membuat peti, papan penyekat, pengecoran semen dalam konstruksi, industry korek api, pensil, bahan baku industry kertas pnlp, kayu lapis (plag wood), kayu pertukangan (perabotan rumah tangga), kerajinan seni yang bernilai tinggi, serta kayu bakar.

Peluang Investasi Sengon

Peluang Investasi Sengon

Menanam dan merawat pohon sengon tidaklah sulit, karena pohon sengon cocok tumbuh didaerah beriklim basah seperti Indonesia. Sengon dapat tumbuh pada berbagai jenis lahan tanah, bahkan sengon dapat tumbuh baik pada tanah yang mempunyai drainase tidak baik maupun tanah tandus. Keunggulan lain adalah sengon mampu tumbuh pada tanah yang memmpunyai kadar garam tinggi. Pemeliharaannya pun tidaklah sulit, bahkan banyak petani yang mengklaim jika tanaman sengon mereka tidak menerapkan teknik budidaya dan hanya ditanam seadanya. Tetapi jika ditanam pada tanah yang mempunyai ketersediaan air yang cukup maka pohon sengon akan mencapai ketinggian seitar 15 meter dalam waktu 3 tahun saja, dan apabila persyaratan tumbuhnya terpenuhi maka sengon akan tumbuh dengan lebih optimal.

BACA JUGA :   Bibit Sengon Solomon

Prospek bisnis dari budidaya tanaman sengon ini juga sangat menjanjikan. Karena pada saat ini kebutuhan kayu sengon mencapai lebih dari 500 ribu meter per kubik pertahunnya. Bahkan permintaan sengon tidak hanya dari domestic tetapi sudah mencapai luar negeri. Adanya jaminan pemasaran baik di dalam maupun diluar negeri dengan harga yang semakin tinggi sangat menguntungkan petani sengon

Lalu bagaimana peluang investasi dan analisa usaha budidaya pohon sengon untuk mengetahui seberapa besar laba yang akan Anda peroleh setelah memutuskan untuk berbisnis sengon. berikut penjelasannya.

Peluang Investasi Sengon

 

Furnitur kayu sengon

Furnitur kayu sengon

Sekarang ini sudah banyak sekali kita jumpai berbagai peralatan rumah tangga yang berbahan dasar kayu sengon mulai dari almari, meja makan, rak piring, tempat tidur. Yups, pemilihan kayu sengon sebagai bahan dasar peralatan rumah tangga ini bukan tanpa alasan. Kayu sengon termasuk jenis kayu keras yang bersifat empuk dengan serat kayu yang standar. Sifat kayu sengon yang Iunak inilah yang memudahkan proses cutting dan proses modifikasi untuk model furniture. Faktor lainnya adalah harga bahan baku kayu sengon sangatlah terjangkau. boleh dikatakan, harga kayu sengon dipasaran lebih murah jika dibandingkan harga kayu jenis Iainnya. hal ini tentunya berdampak pada harga jual produk. Produk-produk furniture yang menggunakan kayu sengon sebagai bahan bakunya biasanya mempunyai nilai jual yang lebih murah, Faktor inilah yang yang menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen.

BACA JUGA :   Peluang Investasi dan Analisis Usaha Budidaya Lengkeng New Kristal Yang Sangat Menggiurkan

Permintaan kayu sengon yang tinggi setiap tahunnya, di tunjang dengan harga jualnya yang relatif stabil menjadikan budidaya pohon sengon ini menjadi peluang usaha yang sangat mengiurkan. Walaupun take profitnya terhitung lama dibandingkan dengan kayu jati. Namun, budidaya pohon sengon jauh lebih pendek waktu tunggunya. Pohon kayu sengon mempunyai usia panen yang terbilang singkat yakni berkisar antara 3-6 tahun saja. Akan tetapi, harga jualnya cukup tinggi. Bisa dibayangkan, harga perlognya saat ini sekitar 800 ribu rupiah. Jika Anda berbisnis, tentu saja akan ada puluhan log sehingga nilai kali dari harga tersebut berlaku. sehingga peluang investasi budidaya pohon sengon ini bisa dimanfaatkan sebagai bisnis sampingan atau tabungan masa depan.

Analisis Usaha Sengon

Dalam membudidayakan pohon sengon, Lahan menjadi inti dari usaha budidaya pohon sengon. Pastikan lahan yang akan digunakan memenuhi persyaratan tumbuh sengon, seperti ketinggian lahan, suhu, pH tanah, curah hujan dan kelembapan. Selain itu, perhatikan juga bagaimana mendapatkan lahan. Apakah memiliki sendiri atau sewa. Jika sewa, Anda harus memasukan biaya sewa Iahan tersebut sebagai unit biaya.

Faktor lainnya adalah pemilihan bibit sengon unggul. Usahakan untuk memperoleh bibit sengon yang berkualitas baik, terlebih lagi bibit sengon yang bersertifikat. Bibit sengon yang berkualitas unggul tentunya akan menghasilkan kayu sengon yang berkualitas pula. Pohon sengon akan tumbuh dengan baik dan cepat besar selama mendapatkan perawatan yang baik pula seperti memupuk, memangkas cabang yang tidak diperlukan dan lain sebagainya.

Budidaya pohon sengon yang dilakukan dengan baik dan optimal pastinya akan memberikan laba yang sangat menguntukan. Jika masih penasaran dengan bagaimana analisis keuntungan budidaya sengon.

Berikut ini adalaha analisis usaha dan Keuntungan dalam membudidayakan pohon sengon Untuk kepentingan Bisnis :

a. Asumsi

  • Lahan yang digunakan berupa lahan sewa seluas 1 hektare.
  • Masa produksi sengon selama 6 tahun.
  • Masa pakai peralatan pertanian seperti cangkul, gembor, garpu, dan ember diasumsikan selama 3 tahun, sehingga dilakukan reinvestasi pada tahun ke-4.
  • Jarak tanam yang digunakan sebesar 3 x 3 m, sehingga jumlah bibit yang ditanam sebanyak 1.111 bibit. Pengadaan bibit ditambah 5% dari jumlah bibit yang dibutuhkan sebagai persediaan bibit sulam.
  • Biaya pekerjaan 1 HOK sebesar Rp40.000 (1HOK = 7 jam kerja/hari).
BACA JUGA :   Bibit Sengon Solomon

b. Rincian Biaya

Biaya Investasi Tanam Sengon

Biaya Investasi Tanam Sengon

Biaya Reinvestasi Sengon

Biaya Reinvestasi Sengon

Biaya Variabel Budidaya Sengon Selama 6 Tahun

 

Biaya Variabel sengon

Biaya Variabel sengon 1

Biaya Variabel sengon

c. Pendapatan dan Keuntungan per Hektare Kayu Sengon

Pendapatan dan Keuntungan sengon

Pendapatan dan Keuntungan sengon

Dalam tabel diatas menunjukkan bahwa keuntungan yang akan diperoleh dalam membudidayakan pohon sengon adalah Rp. 209.161.000.

Demikianlah peluang investasi dan analisis usaha budidaya sengon. Ternyata budidaya sengon dapat menambah penghasilan Anda asalkan ditekuni dengan baik. lakukanlah pemeliharaan dengan sebaik-baiknya agar menghasilkan kayu sengon yang berkualitas tinggi. Jika anda suka bertanam? tidak ada salahnya memilih pohon sengon ini untuk dibudidayakan. Budidaya Sengon ini terbilang menjanjikan hasil yang lebih maksimal dalam jangka waktu yang pendek. Semoga bermanfaat.

 

 


Kata terkait,
Investasi sengon, peluang bisnis sengon, analisis usaha budidaya sengon, investasi sengon solomon, analisa usaha budidaya sengon, jarak tanam sengon, menanam sengon agar cepat besar, cara berkebun sengon hitungan bisnis, harga jual pohon sengon umur 5 tahun, Budidaya Sengon, Manfaar pohon sengon, kerjasama lahan perkebunan untuk investasi sengon, Bibit Sengon,