3 Tips Pemangkasan Pada Tanaman Durian Yang Baik dan Benar Untuk Meningkatkan Kualitas Tanaman dan Tingkat Produksi Lebih Optimal

Pemangkasan Tanaman Durian – Durian merupakan salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Daging buahnya yang lembut, ditambah dengan citarasanya yang manis dengan sedikit rasa pahit inilah membuat banyak pecintan durian rela memburu hingga ke pelosok desa. Sekarang ini, Buah burian menempati urutan keempat sebagai buah yang paling sering dikonsumsi orang Indonesia setelah buah jeruk, mangga dan pisang. Meskipun buah durian tergolong buah yang memiliki harga jual yang mahal tetapi ternyata tetap tidak menyurutkan keinginan masyarakat untuk membeli dan menikmati si buah berduri ini. Fenomena inilah yang dmanfaatkan petani untuk membudidayakan durian sebagai peluang usaha yang sangat menggiurkan.

Dalam membudidayakan tanaman durian agar mampu menghasilkan buah yang berkualitas unggul, tentunya kita harus memahami terlebih dahulu apa saja yang harus dilakukan dalam bertanam durian dan bagaimana cara memelihara tanaman buah durian dengan baik dan benar. Paling tidak kita harus mengetahui syarat tanam dan apa saja yang harus kita lakukan terhadap durian supaya dapat menghasilkan buah durian yang mempunyai kualitas unggul. Di antara tahapan-tahapan dalam membudidayakan tanaman durian, tahapan pemeliharaan mempunyai andil yang sangat penting dalam mempengaruhi pertumbuhan dan tingkat produksi tanaman durian. Tahapan pemeliharaan ini bersifat intensif dan berkelanjutan agar buah durian yang dihasilkan dapat mempunyai kualitas yang unggul. Jika tahap pemeliharaan dapat dilakukan secara intensif dan berkelanjutan, bisa dipastikan buah durian yang hasilkan akan mempunyai kualitas unggul. Nah, Salah satu bagian pemeliharan yang berfungsi untuk memperbaiki mutu tanaman adalah Pemangkasan.

Pemangkasan DUrian

Pemangkasan Durian

Lalu apakah yang dimaksud dengan pemangkasan?. Bagian tanaman durian manakah yang harus dipangkas? dan Bagaimana tata cara atau aturan pemangkasan pada tanaman durian yang baik dan benar?. pada kesempatan kali ini Rawabibit.com akan membahasnya secara mendalam, simak penjelasannya.

Pengertian Pemangkasan

Pemangkasan merupakan salah satu tahapan dalam pemeliharaan tanaman durian yang dilakukan dengan cara membuang cabang atau ranting pohon yang tidak bermanfaat. Tahapan pemangkasan ini bertujuan untuk merangsang munculnya tunas vegetatif pada ranting-ranting yang sebelumnya berbuah, sekaligus mengendalikan pertumbuhan tanaman yang berlebihan sehingga dapat mendukung kontinuitas produksi. Ranting / dahan yang perlu dipangkas adalah ranting-ranting kecil yang tidak berguna dan apabila batang sudah besar kemungkinan besar ranting tersebut akan mati, maka potonglah ranting-ranting tersebut sebelum mati dengan sendirinya, itu berlaku bagi semua ukuran pohon kecil ataupun besar.

BACA JUGA :   7 Panduan Tepat Bertanam dan Merawat Sirsak Jumbo Agar Tumbuh Optimal, Cepat Berbuah Dan Selalu Produktif

Adapun tujuan dari pemangkasan pada tanaman durian adalah sebagai berikut :

  • Untuk mengurangi batang atau cabang yang menggangu atau sekiranya tidak terlalu penting.
  • Agar pertumbuhan dan produksi tanaman buah durian menjadi lebih optimal.
  • Untuk mempercepat pertumbuhan tanaman durian.
  • Dapat membantu tanaman durian membentuk tajuk baru yang lebih bagus.
  • Dapat membantu mempercepat munculnya bunga. Karena sebagian besar bunga akan tumbuh dibagian ranting yang kita pangkas.
  • Untuk mempermudah pemeliharaan tanaman durian.
  • Dapat mempemudah tanaman durian dalam menyerap nutrisi.
Pemangkasan daun durian

Pemangkasan daun durian

Jenis-Jenis Pemangkasan

Tahap pemangkasan pada tanaman buah durian dibagi menjadi 3 jenis pemangkasan. Adapun tiga jenis pemangkasan yang dilakukan pada tanaman durian yaitu :
1. Pemangkasan Akar
Pemangkasan akar ini dilakukan bertujuan untuk mengurangi laju pertumbuhan vegetatif sebelum dipangkas ada baiknya membentuk tajuk tanaman terlebih dahulu. Jika tajuk sudah terbentuk maka sudah dapat dilakukan pemangkasan pada tanaman. Pemangkasan jenis ini dapat dilakukan pada akar tanaman.

Prinsip pemangkasan akar adalah sebagai berikut :

  • Pemangkasan akar akan menghambat pertumbuhan vegetatif tanaman sampai 40% selama 1 musim. Selama itu pula tanaman tidak dipangkas.
  • Pemangkasan akar selain membuat tanaman menjadi cepat berbuah juga meningkatkan kualitas buah, buah lebih keras dan lebih tahan lama.
  • Waktu pemotongan akar paling baik pada saat tanaman mulai berbunga, paling lambat 2 minggu setelah berbunga. Jika dilakukan melewati batas, hasil tanaman durian diiris sedalam 60-90 cm dan sejauh 1,5-2 meter dari panen berkurang dan pertumbuhan terhambat.
  • Cara pemotongan: kedua sisi barisan pangkal batang.

2. Pemangkasan bentuk
Pemangkasan bentuk ini dilakukan bertujuan agar tanaman durian mendapatkan pertumbuhan yang optimal dan berproduksi secara maksimal. Selain itu, proses pemangkasan bentuk ini juga dilakukan bertujuan untuk mempermudah dalam pemeliharaan tanaman durian. Pemangkasan bentuk juga berfungsi untuk pengendalian penyakit karena memungkinkan penyebaran semprotan dan mempermudah pengeringan.

Pemangkasan bentuk

Pemangkasan bentuk

Prinsip pemangkasan bentuk adalah sebagai berikut :

  • Pembentukan tajuk mulai pada saat tanaman berumur satu tahun. Batang utama dapat dipelihara sampai kira-kira setinggi 70—100 cm. Pilihlah hanya satu batang utama. Bila terbentuk dua batang utama, potonglah salah satunya. Setelah batang utama mencapai 1 m, pangkas pucuknya dan biarkan tumbuh tunas-tunas baru dan calon cabang primer. Pilih 6—10 calon cabang primer yang posisinya simetris supaya terjadi keseimbangan antara bentuk tajuk dengan percabangannya.
  • Selama proses pertumbuhan, singkirkan tunas-tunas liar di sekitar dahan. Mahkota tajuk dapat berbentuk cembung, seperti payung terbuka atau piramida.
  • Bagian pohon durian setinggi 2—3 m merupakan tajuk mahkota, sedangkan batang pokoknya yang kokoh sepanjang 0,7—1 m sebagai penyangga.
  • Pembentukan tajuk dilakukan dengan memelihara satu batang utama dan 10 calon cabang primer terpilih dan pembentukan tanaman harus diusahakan supaya terjadi keseimbangan antara bentuk tajuk dengan percabangannya.
  • Pemangkasan sebaiknya dilakukan dengan menggunakan gunting pangkas untuk ranting dan gergaji pada batang yang besar.
  • Oleskan vaselin, cat minyak, atau oli pada batang/cabang besar setelah dipangkas.
BACA JUGA :   Durian Montong, si Jagoan Buah Durian Dari Negara Thailand

3. Pemangkasan Pemeliharaan
Pemangkasan pemeliharaan pada pohon durian dapat dilakukan pada cabang dan tunas/ ranting. Pemangkasan cabang dilakukan pada cabang yang kurang produktif, seperti cabang yang rusak, tua, tumbuh ke arah dalam tajuk, dan melintang. Pemangkasan tunas/ranting, di- maksudkan untuk penjarangan agar pohon tidak terlalu rimbun yang dapat menyebabkan pertumbuhan tunas kurus dan kurang sehat karena kurangnya sinar matahari akibat rimbunnya daun.

Pemangkasan pemeliharaan

Pemangkasan pemeliharaan

Prosedur pemangkasan pemeliharaan adalah sebagai berikut :

  • Pemangkasan utama yang dapat dilakukan pada pohon durian adalah penjarangan tunas yang bertujuan agar cabang pohon nantinya dapat tumbuh dengan besar dan sehat.
  • Pemangkasan penjarangan dapat dilakukan dilakukan baik dengan pola 1-0-1- 0-1 maupun pola 1-0-0-1-0-0-1 (lihat gambar) melihat kondisi tanaman. Jika dengan pola pemangkasan 1-0-1-0-1 nantinya jarak tunas masih terlihat rapat, maka pemangkasan pola 1-0-0- 1-0-0-1 dapat dilakukan.
  • Pemangkasan pucuk dilakukan pada bibit durian yang berasal dari perbanyakan vegetatif seperti sambung, okulasi, stek dan cangkok. Pemangkasan pucuk batang dilakukan 1 cm diatas tunas pada ketinggian yang dikehendaki. Bagian yang dipangkas adalah bagian yang keras.
  • Setelah dipangkas tutup bekas luka dengan plastik sampai kering. Setelah kering, bidang pemangkasan dapat ditutup dengan aspal, cat atau waterproofing.
BACA JUGA :   4 Tips Pemupukan Tanaman Durian Yang Baik dan Benar Agar Mampu Tumbuh Dengan Subur dan Cepat Berbuah

Demikianlah informasi tentang tips pemangkasan pada tanaman buah durian. Dimana kita telah membahas secara mendalam tentang pengertian pemangkasan, tujuan pemangkasan dan jenis-jenis pemangkasan dan tata cara pemangkasan yang baik dan benar.

Untuk artikel selanjutnya kita akan mengulas tentang trik pemupukan pada tanaman durian yang baik dan benar yang meliputi jenis pupu yang digunakan, dosis pupuk yang tepat dan tata cara pemupukan pada tanaman durian. Semoga bermanfaat.

 

 

 


Kata terkait,
Budidaya tanaman durian, tahapan budidaya durian, perawatan tanaman durian, pemangkasan tanaman durian, tujuan pemangkasan, jenis-jenis pemangkasan, pemangkasan bentuk pada durian, pemangkasan akar pada durian, pemangkasan pemeliharaan pada durian, pemangkasan pohon durian, panduan pemangkasan durian, tips emangkasan durian, prinsip pemangkasan, memotong batang pohon durian, tips penjarangan dahan pada tanaman durian, pemangkasan batang durian, agar pohon durian tidak tinggi, durian pendek berbuah lebat, macam-macam pemangkasan,