Durian D24, Buah Durian Unggul Khas Dari Negara Malaysia

Sejarah Durian D24 – Malaysia merupakan salah satu negara penghasil durian terbanyak kedua setelah Thailand bahkan mengalahkan Indonesia yang hanya berada diurutan ketiga. Sama seperti Indonesia, pada umumnya durian merupakan tanaman liar yang tumbuh dihutan tanpa pemeliharaan intensif. Durian merupakan buah kegemaran rakyat Malaysia sehingga menjadi salah satu buah yang banyak dicari. Ada banyak jenis durian yang ada di Malaysia, beberapa diantara menjadi durian unggulan dan merajai pasar durian di Asia Tenggara hampir mengalahkan durian montong dari Malaysia. Beberapa durian unggulan Malaysia yang menjadi favorit penggemar durian antara lain: Durian Raja Kunyit atau durian Musang King, Durian Merah D175 dan Durian Duri Hitam.

Tidak hanya 3 durian diatas yang menjadi durian unggul hasil komoditas petani durian Malaysia. Ada satu jenis durian lagi yang menjadi favorit penikmat durian karena rasa dan aroma nya yang sangat memikat sehingga membuat para penikmat durian ketagihan menyantap durian jenis ini. Adapun durian tersebut adalah DURIAN D24 atau yang lebih dikenal dengan nama DURIAN SULTAN. Di Malaysia memang sebagian besar durian diberi nama dengan penomoran yang tercatat dengan resmi untuk membedakan jenis dan karakter antara jenis durian yang satu dengan lainnya. Ada kira-kira 200 klon durian sudah diregistrasi Departemen Pertanian Malaysia dari mulai tahun 1934. Durian D24 Mempunyai bentuk oblong, berukuran sedang dengan warna kulit buah hijau kecoklatan. Daging buahnya tebal dan berwarna kuning. Tekstur buahnya sangat lembut tetapi tidak lembek. Ukuran buah sedang. Satu pongge biasanya berisi 1-2 biji. Rasa daging buahnya manis agak pahit. Lalu bagaimana cara mengenali durian D24 ini dipasaran, mengingat ada begitu banyak varian durian unggul di Malaysia.

 

Sejarah Durian D24

Sejarah Durian D24

Keunggulan Durian D24

Buah durian D24 berbentuk bulat dengan warna kulit buah kehijauan serta memiliki duri yang tajam. Panjang buah durian D24 rata-rata 21,2 cm dengan diameter buah sekitar 19,8 cm. Biji durian d24 berwarna coklat dengan ukuran biji sedang. Biji durian D24 dapat disemai dan dijadikan benih atau “root stock” bagi penyediaan bibit okulasi. Tangkai buah durian D24 berwarna coklat berbentuk bulat silinder dan memiliki ukuran dengan diameter 4,7 cm. Tidak seperti pada durian lain, duri pada durian d24 mempunyai ukuran lebih kecil dan rapat, orang Malaysia menyebutnya “duri halus pendek yang bergabung”. Dibagian bawah buah (bontot buah) ada lingkaran berwarna coklat terang berukuran 1-1,5 cm dengan titk kehitaman ditengahnya. Akan jelas sekali jumlah juringnya, pada satu buah biasanya terdapat 4 sampai 5 juring.

BACA JUGA :   6 Jenis Teknik Perbanyakan Vegetatif Pada Tanaman Untuk Menghasilkan Bibit Yang Berkualitas Unggul

Daging buah Durian D24 sangatlah istimewa, mempunyai warna kuning keemasan yang sangat menarik, dan menghasilkan aroma yang sangat memikat, tidak terlalu tajam tetapi harum menggoda. Tekstur buahnya halus dan lembut tetapi tidak lembek. Rasa buah durian D24 manis dan legit serta agak sedikit pahit. Rasa pahit ini lah yang membuat penggemar durian ketagihan ketika menyantap durian D24. Isi durian D24 memang lebih sedikit jika dibandingkan dengan durian lainnya. Mungkin ketika pertama kali membeli durian ini anda akan kecewa karena dilihat dari luarnya durian D24 tampak besar tetapi isi buahnya sangat sedikit. Tapi jangan khawatir kekecewaan anda akan terbayar ketika anda menyantap durian ini.

Budidaya Durian D24

 

Pohon Durian D24

Pohon Durian D24

Durian D24 atau yang lebih dikenal dengan julukan Durian Sultan ini adalah varietas durian unggulan asal dari Negeri Jiran (Malaysia). Tanaman ini memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan tanaman durian lainnya. Tanaman buah Durian D24 akan tumbuh dengan optimal apabila ditanam di lahan berdataran rendah. Tanaman durian ini memerlukan lahan tumbuh dengan suhu panas sekitar antara 30 – 35 derajat Celcius. Tanaman durian D24 akan tumbuh optimal apabila mendapatkan cukup sinar matahari. Dengan penyiraman, pemupukan, penyiangan yang rutin serta pengendalian hama dan penyakit dengan tepat maka tanaman durian D24 bisa mulai menghasilkan buah pada usia 3 – 5 tahun sesudah tanam. Tanaman durian D24 bisa tumbuh besar sampai meraih tinggi 5 meter. Buah yang dihasilkan durian yang satu ini mempunyai ukuran jumbo, namun relatif lebih kecil bila dibandingkan dengan durian musang king atau monthong dengan bentuknya yang cenderung lebih bulat.

Untuk memperoleh hasil yang optimal tanaman durian ini mesti dipelihara dengan baik, penyiraman dapat dilaksanakan 1 kali dalam 1 hari. Untuk pemupukan, pemupukan dilakukan dengan menggunakan pupuk NPK Bunga sebanyak 1 bulan 1 kali lalu dilanjutkan dengan pemberian pupuk NPK Buah pada bulan selanjutnya. Sekedar tips. Gunakanlah media tanam berupa tanah yang gembur. Setelah itu tambahkan kompos ke dalam lubang tanam atau pot kirta-kira 1-2 kg tiap lubang. Lakukan penyiraman sebanyak sehari 1 kali dan pemupukan sebanyak satu bulan satu kali. Pemupukan dilakukan dengan cara menabur atau membenamkan pupuk NPK Buah di sekeliling media tanah tanaman. Yang tak kalah pentingnya adalah membersihkan gulma secara periodik supaya kesehatan tanaman bisa terlindung dari hama dan penyakit tanaman.

BACA JUGA :   Bibit Buah Tin Purple Yordan

Buah Durian D24 adalah salah satu kultivar durian yang sangat dimuliakan lantaran buah yang dihasilkannya mempunyai daging buah yang tebal berwarna kuning, bertekstur kering dan manis, meskipun ukuran buahnya yang berbentuk bulat tidak begitu besar. Durian sultan ini kerap dibicarakan dan dibanding-bandingkan dengan beberapa jenis durian favorit lainnya, misalnya durian musang king dan durian bawor. Durian D24 adalah jenis durian unggulan yang menghasilkan rasa yang lezat, bertekstur kering, lembut, dan dagingnya tebal. Durian sultan ini asalnya memang dari Malaysia dan menjadi durian terbaik di negara asalnya itu.

Manfaat durian D24

Durian D24 atau durian sultan memiliki banyak sekali manfaat, tidak hanya sebagai bahan makanan tetapi juga untuk kesehatan dan pengobatan. Pada umumnya durian memang ditanam untuk mendapatkan buahnya. Biasanya buah durian dimakan dalam keadaan segar. Menyantap buah durian tidak hanya mengenyangkan perut tetapi juga baik untuk kesehatan karena buah durian mengandung banyak karbohidrat, lemak, protein dan mineral.

Durian D24 ini pun kerap diolah menjadi campuran bahan kue-kue tradisional, seperti gelamai atau jenang. Terkadang, durian dicampurkan dalam hidangan nasi pulut (ketan) bersama dengan santan. Dalam dunia masa kini, durian (atau aromanya) biasa dicampurkan dalam permen, es krim, susu, dan berbagai jenis minuman penyegar lainnya.

Buah Durian D24

Buah Durian D24

Tak hanya daging buah yang bisa dimanfaatlan, biji durian pun bisa dimakan sebagai camilan setelah direbus atau dibakar, atau dicampurkan dalam kolak durian. Biji durian yang mentah beracun dan tak dapat dimakan karena mengandung asam lemak siklopropena (cyclopropene). Biji durian mengandung sekitar 27% amilosa. Kuncup daun (pucuk), mahkota bunga, dan buah yang muda dapat dimasak sebagai sayuran.

Selain dipakai sebagai bahan makanan, Buah Durian D24 pun bisa dimanfaatkan untuk kesehatan dan pengobatan. Mengkonsumsi buah durian durian D24 ini dipercaya mampu untuk mengatasi sembelit dan mengurangi gangguan pencernaan, berkhasiat untuk meredakan stress dan mengatasi depresi, berkhasiat untuk menjaga nafsu makan, berkhasiat untuk mengatur kestabilan darah dalam tubuh,

Selain itu, buah durian D24 juga berkhasiat untuk menjaga tulang dan persendian seperti lutut dan ruas jari dengan kandungan potassium dan kalsiumnya yang sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan tulang, Buah Durian D24 ini mampu untuk mengatur kestabilan darah dalam tubuh, hal ini dikarenakan dalam buah durian D24 ini mengandung mangan. Kendati demikian, tetap tidak bagus kalau dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Buah durian D24 ini juga bisa meningkatkan sel darah merah dalam tubuh dan mengatasi anemia karena mengandung asam folat dan vitamin B9 yang cukup tinggi.

BACA JUGA :   Durian Merah, Durian Lokal Unggulan Yang Sedap Dipandang dan Mempunyai Rasa Yang Unik Kebanggaan Masyarakat Banyuwangi

Demikianlah pemaparan tentang Durian D24, salah satu durian unggulan kebanggan negara Malaysia. Dalam artikel tersebut kita telah bersama-sama membahas tentang sejarah durian D24, keunggulan durian D24 dan manfaat durian D24. jika anda ingin membudidayakan tanaman durian D24 sangat disarankan untuk menanam dengan menggunakan bibit durian D24 menggunakan pembanyakan vegetatif agar memperoleh durian d24 dengan kualitas yang sama dengan durian induknya.

Untuk artikel selanjutnya, kita akan memaparkan artikel tentang panduan budidaya durian D24 yang meliputi, pemilihan bibit durian D24, cara penanaman durian D24, cara perawatan durian D24 dan tips mudah membuahkan durian D24. Semoga artikel tersebut dapat manambah wawasan anda tentang durian D24 dan diharapkan artikel ini menjadi motivasi bagi para petani Indonesia untuk menanam berbagai durian unggul dan juga melakukan berbagai persilangan varietas durian yang pada akhirnya mampu melahirkan varietas durian jenis baru dengan kualitas yang lebih baik. Semoga bermanfaat.

 

 


Kata terkait,
Durian D24, Buah Durian D24, Pohon Durian D24, Tanaman Durian D24, Tanaman Buah Durian D24, Bibit Durian D24, Bibit Durian D24 Okulasi, Sejarah Durian D24, Asal-usul Durian D24, Keunggulan Durian D24, Budidaya Durian D24, Manfaat Durian D24, Cara Tanam Durian D24, Perawatan Durian D24, Khasiat Durian D24, Durian Asl Malaysia, Durian Unggul Malaysia, Jenis Durian Unggul,