Durian Pelangi, Durian Lokal Unggulan Dengan Keunikan Warna dan Rasa yang Tidak ditemukan di Jenis Durian Lainnya

Sejarah Durian Pelangi Manokwari, Papua Papua dikenal sebagai pulau menyimpan banyak kekayaan alam yang tak ternilai harganya di seantero Nusantara. Bukan hanya emas, tembaga atau kekayaan tambang lainnya, melainkan juga hutan, laut, hewan dan tentu saja tanamannya. Dan biasanya wujud kekayaan itu bersifat langka atau unik. Hal ini wajar, mengingat sebagian besar wilayah Papua masih perawan alias belum tersentuh campur tangan manusia. Salah satu kekayaan berharganya yang bersifat unik dan langka adalah DURIAN PELANGI. Tanaman Buah Durian Pelangi berasal dari daerah Manokwari, Papua Barat. Tanaman buah ini ditemukan pertama kali oleh seorang peneliti tanaman asal Sumatera Selatan bernama Karim Aristides. Beliau adalah seorang sarjana lulusan salah satu Universitas di Berlin, Jerman. Beliau pulalah yang mencetuskan nama tanaman durian tersebut sebagai Durian Pelangi. Nama tersebut sebagai ungkapan adanya keragaman warna maupun rasa yang terdapat pada durian unik ini.

Durian Pelangi Manokwari atau dalam bahasa latinnya disebut Durio zibethinus L merupakan tanaman durian khas daerah Manokwari, Papua Barat. Tanaman durian ini mampu berbuah baik di dataran rendah, sedang maupun tinggi. Saat ditemukan di alam liar, ketinggian pohonnya dapat mencapai 25 m. Tanaman Durian Pelangi sejatinya adalah tanaman durian hasil persilangan 3 varian durian, yaitu: durian putih (Zibethinus), durian merah (Graveolens) dan durian kuning (Fotogensis). Perpaduan ketiga jenis tanaman durian tersebut menghasilkan tanaman durian dengan warna buah yang berwarna warni indah bak pelangi. Yakni : merah, kuning, hijau, oranye, putih dan krem, bahkan juga coklat susu. Selain itu, Tanaman buah durian pelangi juga tersohor akan kemampuan hidupnya yang sangat panjang, bayangkan saja, pohon durian pelangi manokwari mampu hidup mencapai 100 hingga 150 tahun. Menakjubkan sekali bukan.

Dari sudut pandang ilmu pengetahuan, Gregori Garnadi Hambali, seorang ahli botanist dari Universitas Birmingham Inggris, mengatakan bahwa Durian pelangi Manokwari merupakan hasil perkawinan silang alami antara durian jenis Zibhetinus dan graveolens. Kemudian menghasilkan tanaman durian yang warna dagingnya merupakan perpaduan warna merah muda dan krem dengan semburat warna hijau di sudut bijinya (ponggenya) atau bisa juga perpaduan warna merah tua dan krem dengan semburat warna hijau di sudut ponggenya.

Sejarah durian pelangi

Sejarah durian pelangi

Durian pelangi Manokwari mempunyai daging buah tebal, citarasanya manis dan lezat dengan tekstur buah lembut dan agak lengket. Biji buahnya berukuran sedang. Durian ini mengandung kadar alkohol yang relatif lebih rendah dibanding durian lokal jenis unggul lainnya.

BACA JUGA :   Bibit Durian Pelangi Manokwari

Durian Pelangi Manokwari termasuk jenis durian yang tahan simpan/tahan lama karena dapat bertahan 6-7 hari setelah panen. Kelebihan lainnya adalah produktifitasnya tinggi karena bisa dilakukan pemanenan setahun 2 kali atau secara total dapat menghasilkan antara 400-800 butir/ pohon/ tahun. Ukuran buah yang dihasilkannya pun relatif besar-besar dengan bobot 2-3 Kg per buahnya.

Manfaat Durian Pelangi

Durian Pelangi manokwari selain bercita rasa manis lezat dikenal juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Salah satu keunikannya tiap-tiap warnanya memiliki kandungan senyawa tertentu yang masing-masing menimbulkan efek positif yang berbeda-beda. Misal: warna merahnya menandakan adanya senyawa antioksidan yang bermanfaat sekali untuk menangkal radikal bebas. Warna kuning pada daging buahnya menandakan adanya senyawa Beta Karoten yang mempunyai manfaat sebagai berikut :

  • Mengonsumsi makanan kaya beta-karoten membuat kita memiliki risiko yang lebih rendah terkena penyakit jantung. Beta karoten dan vitamin E bekerja sama mengurangi oksidasi kolesterol Jahat (LDL) sehingga menurunkan risiko aterosklerosis dan penyakit jantung koroner.
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Senyawa Beta karoten membantu mengaktifkan kelenjar thymus. Kelenjar thymus adalah kelenjar yang merangsang sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi dan virus. Kelenjar ini juga dikenal mampu menghancurkan sel-sel kanker sebelum menyebar.

Kandungan senyawa-senyawa lainnya seperti: kalsium, potasium, dan tembaga mempunyai manfaat untuk menjaga kesehatan persendian dan tulang serta memelihara kesehatan kelenjar tiroid. Dengan mengkonsumsi secara rutin buah durian ini, Anda tak akan terserang penyakit osteoporosis karena adanya kandungan kalsium tinggi dalam buah ini. Lalu manfaat lainnya adalah menyehatkan organ pencernaan sekaligus membuat organ pencernaan bekerja lebih baik. Kandungan senyawa diatas akan mencegah Anda terserang sembelit maupun penyakit pencernaan yang lainnya.

Lebih dari itu Durian Pelangi juga mengandung senyawa-senyawa seperti: Fitosterol, Fitohormon, Kalsium dan Vitamin C, dll. Senyawa-senyawa tersebut mempunyai efek kesehatan dan medis yang sangat besar. Senyawa fitosterol adalah senyawa yang mempunyai efek relaksasi pada tubuh manusia hidup. Efeknya membuat orang merasakan relaks dan merasa santai. Karena itu tidak salah juga banyak yang menyebutnya sebagai obat anti depresi. Senyawa Fitohormon dikenal didalam dunia medis sebagai zat anti aging/penuaan. Senyawa ini menjaga usia sel-sel dalam tubuh agar tetap muda. Vitamin C dikenal sebagai Vitamin yang menjaga kesehatan tubuh agar tidak gampang sakit dan tetap fit. Selain itu Vitamin C juga berfungsi sebagai senyawa yang mampu menangkal radikal bebas dan mempercerah kulit. Selain itu terdapat pula mitos yang beredar pada masyarakat setempat bahwa mengonsumsi durian pelangi dipercaya bisa memperpanjang umur. Benar atau tidaknya, belum ada yang tahu.

BACA JUGA :   Durian Montong, si Jagoan Buah Durian Dari Negara Thailand

Budidaya Durian Pelangi

 

Bibit Durian Pelangi

Bibit Durian Pelangi

Dengan semua keunikan dan keunggulan yang dimilikinya tersebut, Durian Pelangi Manokwari dengan cepat menarik perhatian masyarakat Indonesia bahkan dunia. Tak kurang dari Malaysia dan Thailand, yang dikenal sebagai negara-negara raksasa produsen durian unggul, juga ikutan terperangah dan segera mengincar keberadaan durian ini. Hal ini tentu saja menimbulkan rasa bangga sekaligus was-was bagi kita. Karena kita menyadari potensi besar yang dimiliki durian ini akan sanggup menandingi bahkan melebihi durian unggulan dari Thailand yaitu Montong dan Kan Your. Atau durian unggulan dari Malaysia yaitu durian Musang King dan Ochee. Singkatnya Durian Pelangi manokwari adalah merupakan durian unggulan masa depan bagi kita.

Oleh karena itu, demi menjaga salah satu kekayaan hayati di Nusantara ini tersebut, pemerintah dan masyarakat Indonesia harus segera bergerak cepat. Segera melakukan perbanyakan Bibit Durian Pelangi ini, menanamnya secara massal, dan segera meng-komersialisasi-kannya secara luas hasil produksi buahnya hingga menembus eksport. Saat ini kita sudah tertinggal jauh dari Malaysia dan Thailand yang sudah terlebih dahulu dikenal dunia sebagai pemilik brand durian unggul. Malaysia mempunyai Musang King dan Ochee, sedang Thailand punya Montong dan Kan Your yang sangat laku keras dan dikenal khalayak ramai. Selain itu kesemua jenis durian unggul tersebut sudah ditanam dalam perkebunan luas dan skala ekspor. Bagaimana dengan Indonesia?

Sebenarnya kita sudah (baca: banyak) mempunyai durian lokal jenis unggul, misalnya Durian Matahari, Durian Merah, Durian Petruk, dll. Permasalahannya adalah, semua durian tersebut tidak pernah sampai ke pasar ekspor, melainkan hanya pasar lokal, bahkan seringkali sudah habis di kebun. Ini berarti durian lokal Indonesia jumlahnya terbatas karena hanya ditanam secara mandiri di perkarangan, belum dalam perkebunan skala ekspor. Mirisnya untuk sekedar melihat durian lokal jenis unggul saja di pasar modern (toko swalayan/supermarket) jarang sekali kita menyaksikannya. Melainkan hanya dijejali oleh pemandangan berupa durian-durian unggulan dari Malaysia dan Thailand.

Padahal jika dikalkulasikan secara kasar, luas kebun durian yang tersebar di seluruh Indonesia dapat mencapai total 60 ribu hektare. Namun luasan tersebut bukan merupakan perkebunan komersial skala ekspor seperti yang ada di negara tetangga, tetapi terpencar-pencar di kebun-kebun milik masyarakat.

Persoalan lainnya adalah, keberadaan durian lokal Indonesia sudah sulit ditemukan karena tergerus pembangunan. Sebagai contoh: Tanaman asli dari durian unggul jenis Petruk sudah lama mati/punah, tepatnya sejak tahun 1987. Oleh karena itu perlu dilakukan upaya pelestarian agar keberadaan durian unggul lokal di Indonesia dapat dipertahankan dan dikembangkan agar mampu dikomersialisasikan secara luas seperti Thailand dan Malaysia. Salah satunya caranya adalah dengan menggelar event-event seperti Lomba/Kontes Durian. Cara yang satu ini dinilai cukup efektif dalam upaya melestarikan durian lokal Indonesia. Durian unggul yang terpilih akan diperbanyak anakannya. Kemudian bibitnya disebarluaskan kepada masyarakat untuk ditanam kembali.

BACA JUGA :   Inilah 5 Cara Praktis Teknik Sambung Sisip Pada Tanaman Secara Baik dan Benar Agar Mampu Menghasilkan Bibit Yang Berkualitas

Nilai Ekonomis Durian Pelangi

Harga jual Durian Pelangi Manokwari berkisar antara mahal sampai tidak masuk akal. Mengingat keberadaan yang langka dan faktor keunikannya, menimbulkan kalkulasi nilai jual ekonomisnya menjadi sangat sulit. Tidak terdapat patokan resmi nilai jualnya. Hanya saja pernah ditemukan data bahwa buah Durian Pelangi dijual Rp 300.000 per butirnya. Jikalau hal ini benar, berarti nilai jualnya mengalahkan Durian Musangking ataupun Montong.

Demikian sekilas informasi mengenai durian pelangi asli dari Manokwari, Papua ini. Dimana kita telah membahas tentang sejarah durian pelangi manokwari, keunggulan durian manokwari, manfaat durian pelangi manokwari dan budidaya durian manokwari.

Selain itu, kita juga telah membahas nilai ekonomis durian pelangi manokwari, Papua. ternyata buah durian pelangi ini memiliki potensi yang sangat luar biasa uantuk dijadikan komoditas eksport.  Semoga informasi tersebut dapat membantu Anda atau setidaknya dapat menjawab rasa ingin tahu Anda akan buah durian unik ini. Semoga Bermanfaat.

 

 


Kata terkait,
Durian pelangi Manokwari, Buah Durian pelangi Manokwari, Pohon Durian pelangi Manokwari, Tanaman Durian pelangi Manokwari, Keunggulan Durian pelangi Manokwari, Manfaat Durian pelangi Manokwari, Khasiat Durian pelangi Manokwari, Bibit Durian pelangi Manokwari, Jual Bibit Durian pelangi Manokwari, Bibit Durian pelangi Manokwari Unggul, Durian Lokal, Budidaya Durian pelangi Manokwari,