Durian Montong, si Jagoan Buah Durian Dari Negara Thailand

Sejarah Durian Montong, Thailand  Durian… Apa yang terlintas dibenak Anda ketika mendengar kata durian? Jika Anda penggemar durian tentu anda akan membayangkan buah berduri yang mempunyai rasa dan aroma yang khas yang tidak dimiliki oleh buah manapun didunia. Ya. Siapa yang tidak kenal dengan buah durian, buah yang terkenal sebagai King of Fruit ini sangat digemari khususnya di Indonesia. Meskipun ada yang tidak suka dengan buah durian karena aroma buah yang sangat tajam, tapi tak sedikit orang yang menyukai bahkan menggilai buah durian.

Durian adalah buah-buahan asli negara Asia Tenggara yang mempunyai iklim tropis seperti Indonesia, Malaysia dan Thailand. Ada sekitar 27 jenis durian didunia dan Indonesia termasuk negara yang beruntung karena memiliki setidaknya 20 jenis durian dari total 27 jenis durian. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, pulau Kalimantan memiliki jenis durian terbanyak yaitu mencapai 18 jenis, kemudian disusul oleh pulau Sumatera yaitu memilki 7 jenis durian, kemudian pulau Jawa, Bali, Sulawesi dan Maluku yang masing masing memiliki satu spesies.

Begitu juga dengan tetangga kita Thailand, Negara Gajah Putih juga mempunyai beberapa varietas durian unggulan. Yups, salah satu jenis durian unggulan akan kita bahas kali adalah DURIAN MONTONG. Durian montong dipercaya oleh para penikmat durian sebagai salah satu rajanya buah durian. Padahal harga durian montong jauh lebih mahal apabila dibandingkan dengan harga durian local. Lalu apa yang membedakan durian montong dengan durian yang ada di Indonesia? Apakah keunggulan durian jenis ini sehingga disangat digilai oleh penikmatnya?

Durian Montong

Durian Montong

Keunggulan Durian Montong

Buah durian montong dikenal karena rasanya yang sangat enak. Durian montong mempunyai ukuran buah yang lebih besar, selain itu durian montong juga memiliki daging yang lebih tebal serta biji / pongge yang kecil, mempunyai rasa yang lebih manis dan aroma buah durian juga tidak terlalu tajam dan menyengat. Itu sebabnya durian montong dapat dinikmati oleh hampir semua orang baik penggemar durian maupun bukan.

Durian montong adalah salah satu jenis durian yang sangat populer dikalangan pecinta durian. Tanaman durian montong ini merupakan salah satu varietas unggulan yang berasal dari Thailand. Meskipun harga nya lebih mahal dibandingkan dengan durian lokal, tetapi tetap saja durian montong diburu oleh para pecinta durian. Indonesia, setiap tahun tahunnya mengimpor setidaknya 19 ton durian montong dari Thailand. Tetapi tahukah Anda jika ternyata bibit asli (plasma nuftah) durian montong berasal dari Indonesia?. Yups, menurut seorang peneliti dari Universitas Sebelas Maret Surakata, “induk” durian montong diambil dari spesies durian sukun yang berasal dari Karanganyar, Jawa Tengah. Menurut beliau, dari durian sukun lah Thailand mengembangkan varietas baru yang kemudian dinamakan durian montong yang kini menjadi varietas durian unggulan dan sekarang mengalahkan varietas-varietas durian yang ada di Indonesia. Sangat Ironis sekali.

BACA JUGA :   Bibit Durian Montong

Tanaman buah yang memiliki nama latin Durio sp ini adalah salah satu varietas buah durian unggulan yang berasal dari Thailand. Tanaman durian ini boleh dikatakan cukup produktif dan mampu beradaptasi di berbagai tempat. Pohon durian monthong memiliki tinggi sekitar 5-8 meter. Tajuk pohon berukuran lebar 2 sampai 4 meter. Habitus tanaman berbentuk payung atau kerucut dengan percabangan batang yang rapat. Batang pohon durian jenis ini berwarna kecoklatan. permukaannya halus dan berbentuk bulat. Bunga durian monthong memiliki warna putih kekuningan yang berkelompok dalam tandan. Sekitar 1-16 kuntum bunga durian terdapat dalam satu tandan.

Manfaat Buah Durian Montong

Buah durian Montong

Buah durian Montong

Durian montong ternyata sarat akan manfaat. Tidak hanya mengandung kalori dan serat dalam jumlah tinggi, buah durian montong ternyata juga mengandung berbagai vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Menurut penelitian didalam satu buah durian mengandung jumlah kalori yang cukup tinggi, yaitu 147 kalori dalam 100 gram durian. Satu buah durian dengan berat hampir 1 kg akan memberikan 1470 kalori. Mengonsumsi satu buah durian montong sudah mencukupi sekitar 73% kebutuhan harian yang disarankan orang dewasa yaitu 2000 kalori. Kandungan energi yang tinggi pada durian dapat meningkatkan energi, sehingga durian dapat dijadikan sumber energi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan potassium, serat, zat besi, vitamin C, dan vitamin B kompleks yang tinggi pada buah ini juga dapat membantu meningkatkan kekuatan otot, menjaga tekanan darah, mengurangi kelelahan serta mengurangi stress dan kecemasan. Durian montong juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan pembentukan sel darah merah. Selain itu, durian juga mengandung fitonutrien, polifenol, fitosterol, antioksidan, organosulfur, dan tryptophan. Wah ternyata durian sangat bermanfaat ya.

Durian montong tidak hanya bermanfaat sebagai makanan, pohon durian montong mempunyai manfaat lain yaitu sebagai tanaman pencegah erosi ditanah yang miring, batangnya dapat digunakan untuk bahan bangunan dan perkakas rumah tangga karena karakteristik batang yang lurus, bijinya memiliki kandungan pati yang cukup tinggi sehingga bisa dimanfaatkan sebagai alternatif pengganti makanan (dapat diolah menjadi bubur dengan cara dicampur dengan daging buahnya), serta kulit buahnya juga dapat dibuah abu gosok dengan cara dijemur sampai kering kemudian dibakar sampai hancur menjadi abu.

Tetapi sebaiknya konsumsi buah durian montong ini tidak boleh berlebihan lho…terutama bagi penderita diabetes, karena durian mengandung kadar gula yang tinggi sehingga tidak baik jika dikonsumsi oleh penderita diabetes. Jadi konsumsilah dalam batas yang wajar.

BACA JUGA :   4 Produk Olahan Makanan Durian Duri Hitam Yang Bercita Rasa Lezat, Nikmat dan Bermanfaat Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Budidaya Tanaman Durian Montong

Ternyata tidak sulit untuk membudidayakan durian montong di Indonesia. Hal ini disebabkan iklim dan struktur tanah di Thailand dan Indonesia hampir sama. Bibit buah Durian Montong ini ternyata sudah dapat beradaptasi dengan baik di Indonesia. Tanaman buah durian montong temasuk durian genjah dengan kedalaman lapisan tanah yang tepat. Jika budidaya dilakukan ditanah yang tepat, tanaman mendapat penyinaran cahaya sinar matahari yang baik, penyiraman yang teratur dan pemupukan yang baik, tanaman ini akan menghasilkan buah pada umur 3-5 tahun. Buah durian monthong berbentuk bulat, berat berkisar 2 – 5 kg bahkan lebih, dengan warna daging kuning. buah durian ini memiliki rasa buah manis dengan aroma yang sedang dan biji yang relatif kecil.

Pohon durian Montong

Pohon durian Montong

Pohon Durian Montong dapat tumbuh di dataran rendah sampai ketinggian 1.000 m di atas permukaan laut. Namun, produksi terbaik buah durian monthong dicapai jika penanaman dilakukan pada ketinggian 400-600 m di atas permukaan laut. Tanaman buah ini cocok tumbuh di daerah yang beriklim basah atau tempat-tempat yang banyak turun hujan. Jenis tanah yang baik untuk pertumbuhannya yaitu tanah yang lembap, subur, gembur, tak bercadas, dan kedalaman air tanahnya tidak lebih dari 1 meter.

Perawatan tanaman durian montong tenyata juga cukup mudah. Anda hanya harus menjaga tanaman agar terhindar dari penyakit dan hama. Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan pemupukan secara rutin agar tanaman terhindar dari hama penyait yang biasa menyerang tanaman durian.

Jika Anda merawat tanaman durian montong dengan benar akan akan merasakan hasil yang maksimal ketika masa panen.  Bibit tanaman durian montong biasanya akan berbuah pada saat berumur 3-4 tahun dengan perawatan pada tanaman yang maksimal. Masa panen tanaman durian montong relatif cukup tinggi sehingga sudah pasti menguntungkan Anda. Memang agak sulit menentukan kematangan buah, jika sabar anda bisa menunggu buah durian ini jatuh sebagai tanda bahwa buah durian sudah matang. Atau jika Anda cukup berpengalaman Anda cukup melihat buah durian saja. Biasanya buah yang sudah matang akan terlihat dari warna, elastisitas dan letak duri. Anda biasa menjentikan jari-jari Anda pada alur-alur diantara duri, apabila sudah terdengar suara maka bisa dipastikan bahwa buah durian sudah siap anda panen. Atau Anda juga bisa mencium buah durian, buah durian yang sudah matang biasanya mengeluarkan aroma yang tajam.

Peluang Bisnis Durian Montong

Pembudidayaan durian montong ini pun dapat meningkatkan pendapatan, hal ini karena permintaan durian montong yang sangat tinggi baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Sifatnya yang mempunyai tingkat adptasi yang tinggi, Perawatan yang tidak terlalu sulit manjadi daya tarik tersendiri untuk membudidayakannya. Selain itu, Pohon durian montong ini juga terkenal memiliki tingkat produktif yang tinggi. Keunggulan utamanya adalah harga jualnya yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan durian lokal membuat para petani tergiur untuk membudidayakan durian montong ini. Sehingga tak salah apabila mebudidayakan durian montong merupakan bisnis yang sangat menjanjikan.

Peluang bisnis durian montong

Peluang bisnis durian montong

Menyenangkan bukan jika memiliki tanaman durian dirumah? Anda bisa menikmati durian montong sepuasnya tanpa harus membayar dengan harga yang mahal. Disamping itu Anda juga dapat meningkatkan pendapatan Anda dengan menjual buah durian hasil panen Anda.

BACA JUGA :   Lengkeng Itoh VS Lengkeng New Kristal, Tanaman Lengkeng Mana Yang Lebih Unggul?

Demikianlah sedikit informasi tentang durian montong dari Thailand. Dalam artikel tersebut kita telah ulas secara mendalam tentang sejarah durian montong, keunggulan durian montong, manfaat durian montong. Selain itu kita juga telah membahas peluang investasi budidaya durian montong.

Untuk selanjutnya kita akan membahas tentang panduan tepat dalam membudidayakan tanaman buah durian montong yang mencakup cara memilih bibit durian montong, cara bertanam durian montong, cara perawatan durian montong, cara pemupukan durian montong dan tips untuk membuahkan durian montong. semoga informasi tersebut dapat menambah wawasan da pengetahuan kita tentang jenis-jenis durian unggulan seperti durian montong ini. Semoga bermanfaat.

 

 


Kata terkait,
Durian Montong, Buah Durian Montong, tanaman Durian Montong, Pohon Durian Montong, Tanaman Buah Durian Montong, Tabulampot Durian Montong, mengenal Durian Montong, Sejarah Durian Montong, manfaat Buah Durian Montong, Khasiat Buah Durian Montong, cara tanam Durian Montong, Cara Budidaya Durian Montong, Peluang bisnis Durian Montong, Laba budiaya Durian Montong, Keuntungan Budidaya Durian Montong, Jual bibit Durian Montong, Bibit Durian Montong Unggul, Bibit Durian Montong Asli thailand, Harga Durian Montong, Harga bibit Durian Montong, Sejarah Durian Montong, Asal Mula Durian Montong, Keunggulan Durian Montong,