Durian Bawor, Buah Durian Unggul Dengan Predikat Montongnya Khas Indonesia

Sejarah  Durian Bhineka Bawor Mana yang lebih Anda sukai, Durian Montong atau Durian Lokal? Tahukan Anda bahwa ada perbedaan yang cukup signifikan antara durian montong dan durian lokal? Jika Anda Penggila durian sejati tentu Anda akan lebih menyukai durian lokal karena rasa durian lokal tidak hanya beraroma tajam tetapi rasa buahnya yang manis dan ada sedikit rasa pahit. Rasa pahit ini lah yang disukai para penggila durian karena durian lokal mengandung kadar alkohol. Sementara durian montong agak berbeda, aroma pada durian montong tidak terlalu tajam, sehingga apabila Anda tidak terlalu menyukai aroma durian Anda bisa menikmati durian montong. Selain itu rasa buah durian montong lebih manis dan tidak ada rasa pahit seperti pada durian lokal karena kandungan alkoholnya lebih sedikit. Dan yang paling penting adalah buah durian montong lebih tebal dan pongge durian montong lebih kecil sehingga Anda akan sangat terpuaskan manikmati durian montong.

Tapi tahukan Anda bahwa sekarang Anda bisa menikmati durian dengan rasa kombinasi antara durian montong dan durian lokal? Ya, namanya adalah DURIAN BHINEKA BAWOR atau DURIAN BAWOR. Durian bawor durian varian baru dengan kualitas yang luarr biasa. Durian bawor adalah durian dengan karakteristik yang diidam-idamkan oleh penggila durian sejati. Durian ini memiliki kombinasi keunggulan durian montong dan durian lokal, aroma yang tidak begitu menyengat, rasa buah yang manis dan sedikit pahit serta daging buah yang tebal dan pongge yang kecil dan tipis.

 

Durian Bawor

Durian Bawor

Durian bawor tenyata dikembangkan dari berbagai macam jenis atau spesies durian lokal unggulan. Memang varietas durian ini masih tergolong varietas baru dan masih langka ketersediaannya dipasaran, baik ketersediaan buah maupun bibit durian. Tapi Anda tidak akan kecewa ketika menikmati durian ini karena diambil dari berbagai jenis durian unggulan sehingga menghasilkan durian dengan mutu dan kualitas yang lebih baik.

Durian bawor ini ternyata dikembangkan oleh seorang petani durian asal Banyumas yang bernama Sarno Ahmad Darsono. Nama Bawor sendiri diambil dari tokoh punakawan Bagong adik dari Petruk. Petruk sendiri dikenal sebagai salah satu jenis durian lokal unggulan. Menurut Pria ini sehari-hari berprofesi sebagai seorang guru SD di Alas Malang, Kemrajen, Banyumas, Jawa tengah ini durian bawor adalah gabungan dari 35 varietas pohon durian unggulan baik yang lokal maupun durian import yang ditanam dengan menggunakan teknik okulasi. Teknik okulasi dipilih oleh Sarno karena menurut beliau okulasi berguna untuk menjamin ketersediaan makanan yang lebih banyak untuk pohon primer.

Memang sejak kecil Sarno sudah tertarik dengan budidaya tanaman durian karena sejak lahir Sarno dianugerahi kemampuan naluriah dalam menilai durian baik tingkat kematangan maupun rasa durian. Hanya dengan melihat biji durian Sarno dapat mengenali jenis durian tersebut, Butuh waktu yang cukup lama bagi Sarno untuk menciptakan jenis durian unggulan hingga pada sekitar tahun 1996 Sarno berhasil menemukan durian varietas baru setelah bertahun-tahun berusaha untuk menghasilkan durian unggulan baru. Beliau melakukan metode penanaman okulasi pada pohon durian. Usahanya dalam bidang budidaya durian pun tak sia-sia karena pada tahun 2004 Sarno mendapat penghargaan Satya Lencana Wira Karya dari Presiden sebagai Petani Penangkar Durian Unggul.

BACA JUGA :   4 Produk Olahan Makanan Durian Duri Hitam Yang Bercita Rasa Lezat, Nikmat dan Bermanfaat Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Jika kita bicara tentang keunggulan durian bawor tentu saja tidak perlu diragukan lagi. Durian bawor memiliki buah dengan daging lembut dan tebal yang berwarna oranye, warna oranye disebabkan karena bagian atas durian bawor berasal dari jenis durian montong orange. Selain daging buah, ukuran biji durian bawor lebih kecil dan tipis. Rasa buah yang lebih menggigit karena manis tetapi agak sedikit pahit karena mempunyai kandungan alkohol menyerupai rasa buah durian lokal. Aroma buah durian tidak terlalu menyengat, sehingga orang yang tidak begitu suka dengan aroma durian masih dapat menikmatinya. Bobot satu buah durian bawor berkisar antara 6-9 kg dan mempunyai bobot maksimal mencapai 15 kg.

Selain itu, Pohon Durian bawor tergolong sangat produktif karena sudah bisa dipanen ketika berumur 3 tahun jauh lebih singkat jika dibadingkan dengan pohon durian jenis lain yang baru bisa dipanen setelah usia tanam delapan tahun. untuk masa panen pun tidak usah diragukan lagi karena durian bawor berbuah sepanjang tahun sehingga bisa dipanen lebih dari 1 kali dalam setahun. selain itu 1 pohon durian bisa menghasilkan lebih dari 60 buah durian. Bahkan ketika pohon berumur lima tahun dapat menghasilkan 100 kg buah dengan berat rata-rata mencapai 4-5 kg. Selain itu harga durian bawor lebih tinggi bila dibandingkan durian montong.

Budidaya Durian Bhineka Bawor

Pohon Durian Bawor

Pohon Durian Bawor

Untuk budidaya tanaman durian bawor pada dasarnya hampir sama dengan budidaya jenis durian lainnya. Untuk memperoleh hasil yang maksimal, hal pertama yang harus diperhatikan adalah pemilihan bibit yang bagus. dalam memilih bibit durian bawor sebaiknya pilihlah bibit durian yang sehat, rimbun dan terbebas dari hama dan penyakit. Usahakan dalam memilih bibit durian bawor sbaiknya berasal dari hasil perbanyakan vegetatif baik dari hasil okulasi atau hasil dari cangkok. hal ini bertujuan agar mendapatkan hasil yang sesuai dengan induknya.

Penanaman bibit durian bawor haruslah memperhatikan tanah, intensitas cahaya matahari dan curah hujan. Struktur tanah yang cocok untuk ditanami durian bawor adalah tanah lempung berpasir yang mempunyai kandungan organik yang tinggi dan mempunyai pH 6-7. Untuk perawatan pun juga hampir sama dengan durian pada umumnya. Durian bawor harus rajin disiram, hanya saja penyiraman harus dilakukan dengan lebih hati-hati, tidak perlu terlalu banyak cukup sampai membasahi akar saja. Untuk menanam durian bawor sebaiknya dilakukan pada saat musim awal musim hujan.

BACA JUGA :   Jual Bibit Durian Unggul

Yang paling penting dalam perawatan durian bawor adalah pemupukan. Kadang-kadang karena ingin mendapatkan hasil yang cepat, kita terlalu antusias dalam memberikan pupuk. Pada durian bawor pemupukan tidak bisa dilakukan dengan sembarangan misalnya memberikan pupuk dalam jumlah banyak dan langsung karena bukannya membuat tanaman cepat berbuah malah membuat tanaman durian mati. Untuk pemberian pupuk kandang misalnya, pupuk tidak boleh diberikan pada saat pupuk masih dalam kondisi baru. Pupuk kandang harus diangin-anginkan (didiamkan) terlebih dahulu selama kurang lebih 2-3 hari. Pupuk kandang yang masih baru bersifat panas dan dapat membuat tanaman menjadi kering dan mati.

Tanaman durian bawor juga sangat rentan terhadap hama penyakit, harus dilakukan perawatan ekstra agar tanaman durian terhindar dari berbagai hama penyakit. Untuk membasmi hama penyakit disarankan untuk menggunakan pupuk organik, tetapi jika terpaksa dapat menggunakan pestisida kimia tetapi dengan cara dan takaran yang telah ditentukan.

Manfaat Durian Bhineka Bawor

Sama seperti halnya durian pada umumnya, durian bawor pun mempunyai banyak sekali manfaat bagi manusia terutama bagi kesehatan. Karena kandungan berbagai macam Vitamin seperti Vitamin C, Vitamin B6 dan B12, vitamin C, zat besi, kalium, fosfor, magnesium, seng, riblofavin, serta omega 3 dan 6 dan lain sebagainya. Beberapa manfaat dari durian bawor bagi kesehatan antara lain seperti mengatasi berbagai macam penyakit pencernaan seperti sembelit, mengatasi penyakit anemia terutama pada wanita karena mengkonsumsi durian bawor dapat membantu meningkatkan produksi sel darah merah, untuk menghangatkan suhu tubuh dan melancarkan peredaran darah karena kandungan alkohol yang terdapat dalam durian bawor, dapat membantu meredakan sakit kepala, dapat membantu mengatasi mual pada saat perjalanan jauh. Selain itu durian bawor sering dimakan dengan tujuan untuk meningkatkan vitalitas pada pria. Serta banyak sekali manfaat lain yang dapat diperoleh oleh tubuh kita pada saat kita mengkonsumsi durian bawor.

Peluang Bisnis Durian Bhineka Bawor

Yang tak kalah menarik dari durian bawor adalah peluang usaha yang dihasilkan apabila kita membudidayakan durian bawor. Karena harga durian bawor yang lebih mahal dibandingkan durian montong, tentu saja membudidayakan durian bawor menjadi sangat menguntungkan bagi kita dari segi ekonomi. Permintaan durian yang tinggi membuat potensi bisnis budidaya durian bawor menjadi sangat menjanjikan.

Peluang Bisnis durian bawor

Peluang Bisnis durian bawor

Apa saja keuntungan yang bisa kita manfaatkan dari membudidayakan tanaman durian bawor antara lain sebagai berikut : yang pertama, Anda tidak perlu menyediakan lahan yang luas untuk menanam durian bawor, cukup memanfaatkan pekarangan rumah Anda saja sudah dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah. Selain itu, tidak butuh waktu lama untuk memanen durian bawor karena durian bawor akan mulai berbuah ketika berumur tiga tahun. produksi buah sangat banyak karena tanaman durian bawor berbunga sepanjang tahun sehingga dalam satu tahun kita dapat memanen durian bawor sebanyak dua sampai tiga kali panen. Hanya saja Anda harus telaten dalam merawat tanaman durian bawor. Yang paling penting adalah dalam memasarkan durian bawor kita tidak harus membawa hasil panen kepasar atau kepengepul, cukup menunggu konsumen datang kerumah karena banyak sekali peminat durian bawor yang akan mencari langsung ke kebun.

BACA JUGA :   Inilah 5 Cara Praktis Teknik Sambung Sisip Pada Tanaman Secara Baik dan Benar Agar Mampu Menghasilkan Bibit Yang Berkualitas

Nah, demikianlah ulasan kami tentang durian bhineka bawor. kita telah bersama-sama membahas tentang sejarah durian bawor, keunggulan durian bawor, manfaat durian bawor. Selain itu kita juga telah membahas peluang investasi budidaya durian bawor.

Untuk selanjutnya kita akan membahas tentang panduan tepat dalam membudidayakan tanaman buah durian bhineka bawor yang mencakup cara memilih bibit durian bawor, cara bertanam durian bawor, cara perawatan durian bawor, cara pemupukan durian bawor dan tips untuk membuahkan durian bawor. Sangat menarik bukan? Tidak ada salahnya jika Anda mencoba untuk membudidayakan tanaman durian bawor ini baik untuk dikonsumsi sendiri maupun untuk menambah pengahasilan Anda.

 

 


Kata terkait,
Durian Bawor, Buah Durian bawor, Tanaman Durian bawor, Manfaat Buah Durian bawor, Pohon Durian Bawor, Khasiat Buah Durian Bawor, Cara Tanam Durian Bawor, Cara Budidaya Durian Bawor, mengenal Durian Bawor, Sejarah Durian Bawor, Jual bibit Durian Bawor, Jual Bibit buah Durian Bawor, Durian Bhineka Bawor, Tanaman Durian Bhineka Bawor, keunggulan Durian Bhineka Bawor, Perawatan Durian Bhineka Bawor, Sejarah Durian Bhineka Bawor, Peluang bisnis Durian bawor, Analisis keuntungan Durian bawor, Laba Membudidayakan Durian bawor,