Durian MusangKing, Durian Unggul Yang Mendapat Gelar Raja Durian Dari Malaysia

Sejarah Durian Musangking Durian adalah buah yang aneh. Saat pertama mencicipinya hanya akan terjadi 2 hal. Anda akan benar-benar membenci atau mencintainya. Tidak ada tengah-tengah disini. Hal ini akibat sifat durian sebagai buat sangatlah ekstrim. Baik dari tampilan fisik, aroma maupun citarasanya. Kulit buahnya dibungkus duri tak jarang melukai para pencicipnya. Cara memilih dan membuka kulit buahnya pun harus memakai tehnik tertentu. Bagi haters durian hal seperti ini tentu bikin ribet dan susah. Bahkan membahayakan keselamatan kulit mereka, hehehe… Namun bagi pecintanya, fisik luar durian bagaikan tantangan yang harus mereka hadapi sebelum menemukan kebahagiaan yang lebih besar.

Aroma dan citarasa durian apalagi, sangat menyengat dan sangat ekstrim. Bagi haters durian dan masyarakat barat pada umumnya, yang cenderung lebih suka aroma dan citarasa yang plain (samar-samar), mengkonsumsi buah durian sungguhlah menyiksa. Beberapa menggambarkannya seperti mencium bau kaos kaki atau memakan keju gagal fermentasi. Hotel- hotel kelas internasional di Indonesia melarang buah ini masuk kedalam teritorinya. Bahkan di Singapura samapi dibuat tanda larangan khusus membawa buah durian kedalam kereta api/Subway. Namun bagi masyarakat Asia, atau Asia Tenggara pada khususnya, yang sangat familiar dengan aroma tajam dan rasa spicy, buah durian mewakili semua hal yang mereka impikan ada pada buah. Aroma harum nan menggoda bak wewangian mewah. Dipadu dengan kelembutan daging buahnya bagai memakan mentega yang meleleh dimulut. Dilanjutkan rasa manis elegan yang menari-nari di lidah. Kombinasi yang membuat mereka memuja durian bak raja. Raja buah-buahan atau King of Fruits, mereka menyebutnya. Hadiah dari alam, buah yang paling indah. Saya pribadi tidak bisa membayangkan ada makanan yang lebih lezat dan indah yang ada di planet ini.

Sejarah Durian Musangking

Nah, apabila durian disebut sebagai raja buah-buahan, lantas apa sebutannya bagi varietas durian yang paling jagoan atau raja durian? Jawabannya adalah Mao Shan Wang atau Musangking, yang secara harfiah berarti Raja Kucing. Sang Raja Musangking berasal dari negara jiran Malaysia, tepatnya di daerah Kelantan. Muncul sekitar tahun 1990-an, namun baru terdaftar resmi di Kementrian Pertanian Malaysia pada tahun 1993 atas prakarsa seorang warga bernama Wee Chong Beng. Nama patennya adalah D-197. D singkatan dari Durio zibethinus atau nama ilmiah buah durian. Sedangkan angkanya berarti ia adalah varietas durian ke-197 yang pernah ditemukan. Sangat menarik untuk dicatat bahwa kata “musang” disini tidak mengacu pada kucing luwak melainkan sebuah daerah bernama “Gua Musang” dimana kloning ini pertama kali ditanam dan menjadi sangat populer di kalangan petani di sana.

Sekilas fisik bagian luar Buah Durian Musangking tidak berbeda dengan buah durian pada umumnya. Namun bila diperhatikan seksama terdapat perbedaan yang bisa kita kenali. Warna kulit Musangking adalah hijau semu kekuningan, semburatnya terlihat dari ujung duri sampai kedasar kulitnya. Bentuk durinya pun berbeda dengan duri buah durian kebanyakan yang runcing memanjang dan ‘rengket’, duri Musangking berbentuk mirip piramida dan letaknya saling berjauhan. Bagian tangkai Musangking pun lebih panjang dari umumnya dengan mahkota buah (bagian tangkai pada buah) yang dijauhi durinya. Selain itu ciri unik lainnya bisa dilihat pada garis pembelah kulit buah durian. Pada beberapa jenis durian lapisan garis ini ada yang terlihat jelas, bisa juga tidak terlihat. Namun pada durian musangking, garis ini sangat terlihat jelas pada ujung buah durian, karena membentuk pola yang khas, pola bintang.

Sejarah Durian Musangking

Sejarah Durian Musangking

Daging buah Musangking tidak seperti durian montong meski keduanya sama-sama berwarna kuning, berdaging tebal dan berbiji kempes. Daging buah durian Montong cenderung pulen dan terdapat rasa pati. Sedang daging buah Musangking selain berwarna kuning, tebal dan lembut luar biasa, berasa manis dan kering. Hal ini membuat para pakar durian memberikan nilai lebih kepada durian Musangking. Aroma dan citarasa durian Musangking juga sangat berbeda apabila dibandingkan dengan durian montong. Durian montong mempunyai aroma yang kalem, tidak menyengat dan hampir tidak ada aroma harum khas durian. Citarasanya yang ditimbulkannya hanya didominasi rasa manis. Hal ini berbeda dengan daging buah Musangking yang beraroma harum menyengat dan sedikit alkoholis khas buah durian. Selain itu citarasanya yang lembut di lidah seperti mentega yang meleleh dipadu dengan balutan rasa manis elegan dan sedikit rasa pahit membuatnya makin mantap. Ibarat menikmati kopi sejati, kopi tanpa aroma harum dan rasa pahit khas kopi, bukanlah kopi yang mantap.

Buah Durian Musangking

Buah Durian Musangking

Pohon durian Musangking adalah jenis tanaman yang bersifat sangat tropis. Mungkin karena tanaman ini berasal dari hutan hujan tropis khatulistiwa di Asia Tenggara. Seperti layaknya pohon durian pada umumnya, pohon durian Musangking membutuhkan banyak kehangatan khas tropis, kelembaban yang melimpah dan sinar matahari agar tumbuh subur (terkecuali pada tahun pertama saat pohon masih muda, membutuhkan keadaan semi-teduh). Suhu idealnya untuk tumbuh adalah rata-rata 23º C. Meskipun diketahui ia mampu tumbuh pada suhu 10º C namun hal itu berdampak pada jumlah daun yang dihasilkannya menurun drastis. Jadi sangatlah kecil kemungkinan sukses menanam durian diluar daerah tropis.

BACA JUGA :   Bibit Buah Tin Purple Yordan

Pohon durian yang tumbuh bagus didaerah sekitar pulau Jawa ditanam pada ketinggian sekitar 400-600 m dengan curah hujan tahunan rata-rata 2000 mm. Kebutuhan akan air adalah hal krusial yang harus diperhatikan, karena pohon durian yang sudah berdiri kokoh tidak dapat bertahan dari kekeringan 3 bulan berturut-turut. Kerusakan yang ditimbulkannya bakal permanen atau tidak bisa diperbaiki lagi.

Pohon durian tumbuh paling baik di tanah liat berpasir berpasir yang kaya kandungan bahan organik, dengan pH kisaran 6-7. Tanah liat murni tidak mendukung pertumbuhan pohon durian yang baik dan sehat, karena tidak dapat mengalirkan air dengan baik. Pohon akan tumbuh dengan lebih kuat saat dituangkan ke media yang ringan dan berpasir. Selain itu kondisi tanah yang kaya akan membuat pohon tumbuh dengan baik dan cepat. Kadang pohon berumur empat sampai lima tahun sudah bisa mulai berbunga.

Pada tanaman durian Musangking terdapat kaki ganda atau kaki tiga. Keunggulan dari kepemilikan kaki ganda ialah memacu pertumbuhan tanaman tersebut. Karena kaki ganda menyebabkan penyerapan unsur hara atau nutrisi dari dalam tanah ke batang utama menjadi lebih maksimal (baca:banyak) dibandingkan cuma kaki tunggal. Akibatnya tanaman menjadi lebih cepat besar. Selain itu perakarannya juga lebih kokoh sehingga tidak gampang roboh/tumbang bila terserang angin kencang.

BACA JUGA :   Inilah 6 Tips Mudah Agar Tanaman Buah Durian Mampu Tumbuh Dengan Subur, Memiliki Produktifitas Yang Tinggi Dan Berkualitas Unggul

Budidaya Durian Musangking

Pohon Durian Musangking

Pohon Durian Musangking

Sebenarnya tidaklah susah membudidayakan tanaman durian Musangking ini atau durian pada umumnya. Karena pohon durian bukanlah pohon yang manja, yang membutuhkan banyak perhatian sepanjang waktu. Mulailah dengan pemilihan bibit durian yang bagus. Pilih bibit yang sehat, yang bebas dari serangan hama dan penyakit tanaman. Pilih bibit dengan perakaran yang baik. Sistem perakaran yang baik berdampak pada kecepatan pertumbuhannya. Selain itu pilihlah bibit yang berbatang lurus. Ini penting, karena bibit durian dengan batang tidak lurus akan menghasilkan tanaman yang tidak lurus pula. Selain tidak sedap dipandang mata, batang yang tidak lurus juga berpotensi menghambat pertumbuhan tanaman.

Cara penanaman durian Musangking pun tidak begitu sulit. Anda cukup menanamnya dengan jarak kurang lebih 2-3 meter dengan kedalaman kurang dari 50 cm dengan lokasi yang tercukupi penyinaran cahaya matahari. Penyiraman cukup 2 kali per hari dengan intensitas pemupukan 2 kali per bulan. Yang harus di garis bawahi, jika anda mendapatkan bibit dari proses pengiriman (beli), bibit tanaman tidak boleh langsung di tanam, bibit di letakkan di tempat yang teduh dan daunnya di pupuskan dahulu selama beberapa hari. Hal ini dimaksudkan agar tanaman tidak mengalami stress.

Pemeliharaan tanaman durian mencakup pemangkasan, penyemprotan, pemupukan, dan penyiraman. Berilah pupuk NPK sesudah tanaman durian berusia 3 bulan sesudah ditanam dan dilakukan secara teratur tiap 4 bulan sekali sampai tanaman durian itu berumur 3 tahun. Boleh juga diselingi dengan pemberian pupuk kandang atau pupuk kompos. Penyiraman harus dilakukan dengan rutin sebab tanaman durian memerlukan air yang banyak untuk mendukung pertumbuhannya. Perlu diingat, jangan sampai air menggenang disekitar tanaman. Pembuatan drainase atau saluran air sangatlah diperlukan supaya air tidak menggenangi atau membanjiri bedengan

Prospek Bisnis Durian Musangking

Pasar Musangking di Indonesia meliputi kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, dll. Kebutuhan durian Musangking di Jakarta saja menurut salah satu sumber mencapai 2 ton/bulan pada satu/beberapa gerai penjualan saja. Dengan harga jual mencapai Rp 135.000 per kg. Sedang di Surabaya, menurut sumber dari salah satu pasar swalayan terbesar disana membutuhkan minimal 100 kg sekali pesan/impor. Dengan per kg buah utuh segarnya dijual dengan harga Rp 150.000. Apabila dijual dalam bentuk buah beku, nilai nominalnya mencapai Rp 465.000. Semua itu ludes hanya dalam kurun waktu 1 atau 2 minggu saja.

BACA JUGA :   Durian Pelangi, Durian Lokal Unggulan Dengan Keunikan Warna dan Rasa yang Tidak ditemukan di Jenis Durian Lainnya

Di tingkat pekebun atau produsen, buah durian Musangking dijual per butir. Dengan harga per butirnya dipatok antara Rp 75.000 sampai Rp 100.000. Bandingkan dengan harga jual durian lokal yang hanya rata-rata mencapai kisaran Rp 10.000 sampai Rp 30.000 saja per butirnya di tingkat pekebun.

Lebih dari itu damapak akibat melonjaknya minat masyarakat akan buah durian Musangking berimbas pada bisnis penyediaan bibitnya. Menurut majalah Trubus, sepanjang tahun 2012 permintaan akan bibit durian jenis ini mencapai 5000 buah. Padahal pekebun atau produsen bibit hanya mampu menyediakan sekitar 3500 buah bibit saja, atau sekitar 70% nya. Disinyalir jumlah permintaan bibit durian Musangking ini akan terus meningkat sesuai trend yang terjadi di masyarakat dan konsumen. Mereka seolah tak hirau meskipun bibit durian Musangking ini dibandrol dengan harga Rp 150.000 sampai Rp 300.000 tergantung tinggi bibitnya. Sungguh menggiurkan bukan?.

Demikian sedikit informasi mengenai Durian Musang king, primadona baru yang berasal dari Malaysia. Dalam artikel diatas kita telah membahas tentang sejarah duriang musangking, keunggulan durian musangking, budidaya durian musangking dan manfaat durian musangking. Selain itu, kita juga telah membahas prospek dan peluang investasi budidaya durian musangking. Semoga artikel tersebut dapat menjawab rasa penasaran anda tentang durian musangking dan semoga dapat menambah wawasan sekaligus minat Anda untuk mencoba membudidayakan musangking.

Untuk artikel selanjutnya kita akan membahas tentang panduan budidaya durian musang king yang meliputi cara penanaman durian musangking, cara perawatan durian musangking. dan tips mudah untuk membuahkan durian musangking. Semoga Bermanfaat.

 

 


Kata terkait,
Durian musangking, bibit Durian musangking, Buah Durian musangking, Keunggulan Durian musangking, Manfaat Durian musangking, Tanaman Durian musangking, Sejarah Durian musangking, Jual bibit Durian musangking, Jual Durian musangking, Budidaya Durian musangking, cara tanam Durian musangking, perawatan Durian musangking, cara perawatan Durian musangking, prospek Durian musangking, analisis usaha Durian musangking, cara membudidayakan Durian musangking, Jual tanaman Durian musangking,