Media Tanam Rockwool

By | September 9, 2016

Rockwool – Media Tanam Unggul Untuk berbagai Bibit Tanaman Dan Sangat Berguna Pada Sistem Hidroponik

Rockwool merupakan salah satu mineral fiber atau mineral wool yang sering digunakan sebagai media tanam hidroponik. bahan Rockwool terbuat dari batu (umumnya batu kapur, basalt atau batu bara), kaca, atau keramik, bahan-bahan ini kemudian dilelehkan dengan suhu tinggi yang akhirnya dipintal’ membentuk serat-serat seperti membuat gula kapas arum manis. Setelah serat dingin mineral wool ini dipotong-potong sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Selain sebagai media tanam alternatif dalam berkebun hidroponik atau berkebun tanpa tanah. Rockwool juga umum digunakan sebagai bahan semprotan kebakaran, isolasi panas atau penghambat panas, dan penyerap atau peredam suara.

media-tanam-rockwool

media-tanam-rockwool

Spesifikasi Rockwool :

  • Arah serat rodtwool yaitu horizontal
  • Bulk density yaitu 45kg /m3
  • Volume pori yaitu 98%

Media tanam Rockwool sangat berguna pada sistem hidroponik karena memiliki kemampuan menahan air dan udara (oksigen untuk aerasi) dalam jumlah besar yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan akar dan penyerapan nutrisi dengan baik. Struktur serat alami yang dimiliki rockwool juga sangat baik untuk menopang batang dan akar tanaman sehingga dapat tegak dengan stabil. Kemampuan rockwool tersebut membuat bahan ini cocok digunakan sebagai media tanaman sejak dari fase semai, pembibitan sampai tahap hasil panen. dengan menggunakan rockwool akan mempermudah anda dalam persemaian benih menjadi lebih baik karena benih tanman yang anda semai akan bebas dari cendawan dan bakteri. disamping itu untuk menghindari benih tanaman dari serangan layu kecambah yang disebabkan oleh jamur fusarium.

aplikasi-rockwool

aplikasi-rockwool

Perlu diperhatikan bahwa, media tanam Rockwool memiliki kadar asam (pH) alami yang sangat tinggi (basa) karena kandungan alkali dalam seratnya yakni pada kisaran pH 8. Hal tersebut menjadi tidak sesuai dengan kebutuhan kisaran pH tanaman yakni kisaran 5. 56.5). Oleh karena itu, sebelum media rockwool digunakan sebaiknya terlebih dahulu diberi pupuk yang bersifat asam seperti pupuk urea. pupuk ammonium sulfat. pupuk KCI. atau pupuk AB mix bisa membantu mengatasi permasalahan ini.

Keunggulan Rockwool Sebagai berikut:

  • Ramah lingkungan
  • Daya serap sangat baik
  • Menghemat penggunaan air
  • Meminimalkan penggunaan disinfektan
  • Hemat nutrisi hidroponik (tidak boros)
  • Tidak menyebabkan penyakit karena bebas dari patogen
Summary
Review Date
Author Rating
51star1star1star1star1star

Leave a Reply

Your email address will not be published.